Window dressing merupakan upaya untuk mempercantik portofolio mereka agar bisa dipresentasikan ke investor. Secara tidak langsung laporan keuangan mereka akan terlihat mendapat return yang besar dan akan menarik minat investor.
Window dressing umumnya sering terjadi di akhir tahun dan hampir dilakukan oleh semua manajer investasi di seluruh dunia. Biasanya, manajer investasi akan menjual saham dengan kerugian besar dan membeli saham dengan harga tinggi pada kuartal IV.
Oleh karena itu, pada akhir tahun Indeks Harga Saham cenderung mengalami kenaikan.
Apa efek terjadinya window dressing ?
Efek dari window dressing ditandaioleh kenaikan sejumlah saham berkisar antara 5-10 persen dalam 1 hari perdagangan bursa. Hal itu akan menarik minat investor untuk menaruh dananya pada perusahaan tersebut.
Secara tidak langsung, window dressing dapat menningkatkan pengembalian dana dalam jangka pendek dan biasanya berdampak negatif untuk jangka panjang.
Saham apa saja yang menarik pada periode window dressing ?
1. Saham-saham yang memiliki market cap atau kapitalisasi pasar yang besar
Selain market cap yang besar saham-saham bluechip juga ramai diperdagangkan (liquid) sehingga menjadi incaran saat periode window dressing.
Artinya investor tidak perlu khawatir saham tersebut tidak bisa diperjualbelikan suatu saat nanti, karena banyak imvestor perorangan maupun lembaga yang memperdagangkan saham ini.