Jangan merasa takut atau cemas, dalam menghadapi pesatnya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Optimis saja tetap bekerja sesuai profesi masing-masing, karena masing-masing manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan begitu juga akan ciptaannya.
Salah satu yang viral dari perkembangan teknologi ini adalah ChatGBT, Chatbot atau platform lainya, dengan aplikasi chatbot ini beberapa pertanyaan akan dijawab otomatis dari mesin tersebut.
Chatbot adalah sebuah aplikasi yang dibuat manusia yang dapat membantu Anda dalam berinteraksi dengan layanan pelanggan.
Chatbot dapat digunakan untuk membantu Anda menemukan dan membeli produk, membimbing Anda melalui proses dukungan pelanggan, dan mengatur jadwal Anda.
Chatbot menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk memahami bahasa natural dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cara yang tepat. Mereka juga menggunakan algoritma untuk memahami intonasi dan konteks dari bahasa yang digunakan pelanggan.
Chatbot dapat menghubungkan Anda dengan layanan pelanggan yang berbeda. Ini bisa berupa layanan dukungan pelanggan, layanan pemesanan, dan layanan lainnya.
Chatbot dapat membantu Anda dengan mencari tahu tentang produk yang tersedia, memberi tahu Anda tentang pengiriman, dan memberi tahu Anda tentang layanan lain yang tersedia.
Tapi yang namanya aplikasi dari buatan manusia pasti ada sisi kelemahannya. Diantara kelemahan dan kekurangan chatbot adalah sebagai berikut:
1.Kapasitas penyimpanan terbatas: Chatbot memiliki keterbatasan dalam penyimpanan. Mereka hanya dapat menyimpan informasi yang diberikan kepadanya secara eksplisit, dan mungkin tidak dapat memahami konteks dari pengguna.
2.Kurangnya kecerdasan buatan: Chatbot tidak dapat bereaksi dengan cara yang menarik dan menghibur. Mereka hanya dapat menjawab pertanyaan yang ditanyakan kepada mereka berdasarkan informasi yang tersedia.