Lihat ke Halaman Asli

M Abd Rahim

Guru/Dai

Bebas Berkarya, Bisa Menerbitkan Buku di KBMN Angkatan 28

Diperbarui: 8 Januari 2023   22:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri/Group WA KBMN-28

Menulis adalah hal yang mudah, bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya. Menulis adalah kegiatan mencatat ide yang mewakili apa yang kita pikirkan dan apa yang kita bicarakan. Kadang bapak/ibu guru serta peserta didik masih ada yang belum berani dan belum bisa membiasakan menulis. Maka dari itu, Bapak Dr. Wijaya Kusuma, M.Pd (yang akrab kami panggil Omjay) mendirikan Kelas Belajar Menulis Nasional (KBMN) yang sudah berjalan 28 kali. Maka KBMN ini sudah memasuki angkatan ke-28.

Kegiatan ini dibuka (Opening Ceremony) pada 07/01/2023 pukul 19.00 WIB., dengan Via Zoom Meeting. Pesertanya sangat banyak dan antusias. Dalam rangka menumbuhkan, mencintai, dan mengembangkan budaya menulis, Omjay membuat Tim Solid guna mendampingi, menindaklanjuti demi kesuksesan kegiatan ini. Tim Solid akan mengantarkan peserta KBMN-28 ini sampai mereka bisa menerbitkan buku.

Pada kesempatan Opening Ceremony ini Pak Brian juga memberi sambutan dan informasi kepatuhan tata tertip peserta KBMN-28 agar mereka bisa meresume setiap ada materi dari kegiatan belajar ini. Dari hasil meresume ini, jika resumenya sesuai yang diinginkan panitia, maka mereka lulus dan karyanya bisa jadi buku dan dicetak oleh penerbit.

Beliau menjelaskan bahwa, kegiatan KBMN-28 ini peserta menyimak materi, membuat resume di blog dan mengisi form pengumpulan resume, link resume share di group peserta saling berkunjung, saling memberi komentar yang membangun. Agar tugas resume bisa diterbitkan menjadi buku, maka peserta membuat 30 resume. Selanjutnya peserta yang lulus dan menerbitkan buku, mereka akan mendapatkan sertifikat 64 Jp yang dikirim lewat group WA KBMN-28.

Dalam penerbitan buku mereka diberi kebebasan di penerbit mana saja, tidak harus ISBN, boleh QRCBN, diberi kebabasan waktu. Dan mereka diberi kebebasan karya apa yang akan diterbitkan, diantaranya; menerbitkan buku dari hasil resume, menerbitkan buku dengan tema bebas, dan menerbitkan buku solo yang terbit paling lama Januari 2023 dengan tema bebas.

Kegiatan KBMN-28 akan berlanjut setiap hari Senin, Rabu dan Jum'at setiap pukul 19.00 s/d 21.00 WIB. dengan 30 Pertemuan (dua setengah bulan). Ayo teman-teman tetap semangat literasi, berkarya dan menerbitkan buku.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline