Lihat ke Halaman Asli

Mas Yunus

TERVERIFIKASI

Beyond Blogger. Penulis ihwal pengembangan ekonomi masyarakat, wisata, edukasi, dan bisnis.

Imun, Bolang, dan Makkataherba

Diperbarui: 20 Agustus 2021   22:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Screenshoot Tayangan Bolang live on Instagram, 21/07/2021|Dokumen Bolang

Sabtu petang itu (21/07/2021), saya mengikuti event Komunitas Blogger Kompasiana Malang (Bolang). Event dilaksanakan secara daring dalam bentuk Bolang live on Instagram. Event ini bertajuk "Edukasi Pemanfaatan Produk Herbal Bagi Isoman".

Mbak Shanti Suhermina bertindak sebagai host dalam event tersebut. Mbak Shanti merupakan blogger yang juga owner Shandana Management. Betindak sebagai narasumber pertama adalah Nanang Diyanto, S.Kp, seorang Tenaga Kesehatan (Nakes) yang juga peraih Best in Citizen Journalism di Kompasianival 2017. Sedangkan narasumber kedua adalah Selamet Hariadi, seorang Kompasianer yang juga pegiat herbal.

Event tersebut mengangkat topik "Berbagi Pengalaman Merawat Pasien Isoman" yang disampaikan oleh Nanang Diyanto di bagian awal. Selanjutnya disambung topik berikutnya, "Edukasi Pemanfaatan Herbal Untuk Pasien Isoman" oleh Selamet Hariadi.

Pandemi Covid-19 dan Urgensi Peningkatan Imun

Pandemi Covid-19 begitu terasa dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari. Traveling tidak bisa leluasa seperti biasanya. Hotel-hotel tidak banyak yang mampu beroperasi. Orang-orang harus beralih pekerjaan untuk mempertahankan hidup.

Demikian halnya dengan dunia persekolahan yang ditutup sementara; pembelajaran berlangsung secara daring. Sementara itu, setiap rumah sakit dituntut mampu merawat semua pasiennya meski daya tampung rumah sakit dan sarana prasarana kesehatannya cukup terbatas.

Pandemi Covid-19 telah mengubah kehidupan sehari-hari. Ada yang dahulunya berjaya, kini gulung tikar. Ada pula sebagian yang dahulunya biasa-biasa saja, sekarang justru berkibar.

Sejumlah usaha pengantaran (kurir) misalnya, kini laris manis. Demikian juga dengan bisnis online. Contoh lainnya adalah usaha produk herbal yang kini sedang mengalami trend peningkatan. Hal ini seperti yang diakui oleh prinsipal produk makkataherba[dot]com, Selamet Hariadi, salah satu narasumber dalam event tersebut di atas.

Menurut pengakuannya, belakangan ini banyak permintaan terhadap produk-produk makkataherba, terutama produk-produk untuk peningkatan imun tubuh dan kesehatan. Misalnya ada produk Madu Murni Makkata, Cuka Apel Batu Makkata, dan lain-lain.

Tak hanya itu, banyak produk kesehatan lainnya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Ada "Kapsul Kuthuk". Ada pula "Sulem", dan masih banyak lagi. Dalam kesempatan tersebut, Selamet Hariadi berpesan sebaiknya setiap konsumen memilih produk resmi yang telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline