Lihat ke Halaman Asli

Jangan Tinggalkan Shalatmu

Diperbarui: 7 Februari 2016   05:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

sumber foto : http://www.arrisalah.net/wp-content/uploads/2010/06/ruku.jpg

Shalat adalah rukun islam yang kedua. shalat ialah ibadah maghdhah yang syarat dan rukunnya telah ditentukan. Shalat menjaga dari perbuatan keji dan mungkar. shalat adalah tiangnya agama dan shalat hukumnya wajib. Andai seseorang tidak bisa berdiri maka ia shalat dengan duduk dan bila tidak bisa duduk maka ia shalat dengan berbaring dan seterusnya. Dan bila seseorang meninggal ia dishalatkan. sebelum menyempurnakan shalat maka sempurnakanlah wudhu.

Jadikanlah shalat sebagai permulaan untuk berbuat baik. mulailah berbuat baik dengan menjaga waktu yang lima waktu. Shalat sunnah tentu menyempurnakan yang wajib. Didalam menjalani ringan dan kerasnya kehidupan juga dengan sabar dan shalat. Tentu masing-masing makhluk ada shalat & tasbihnya. Shalat berjamaah itu hal yang dianjurkan dan ditekankan. Laki-laki hendaknya ke masjid. Dan shalat yang paling berat bagi orang munafik ialah shalat isya' dan subuh. Dan shalat yang paling utama dalam shalat wajib itu shalat ashar.

Diantara perbuatan syaitan ialah secara bertahap seseorang dibuat lalai hingga dia meninggalkan shalat. Maka berlindunglah kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Jadi syaitan melakukannya tidak langsung namun bertahap.

Janganlah lalai dalam shalat dan belajarlah untuk tepat waktu. Senantiasa merenungkan pada diri betapa meninggalkan shalat itu berat di alam kubur. dan bila pernah meninggalkannya maka bertaubat. Bila shalat subuh bablas karena capek maka segeralah diganti ketika ingat. bila ingat bisa di qadha yang diingat namun cukuplah bertaubat. Banyak-banyak meminta ampun kepada Allah dan beristighfarlah.

Ajarkanlah shalat kepada anak kalian , dan bila sudah mencapai umur 10 tahun belum shalat juga maka pukulah tapi tidak ditempat yang berbahaya dan kesannya negatif. Mendidik anak di umur 7 - 14 tahun hendaknya ditawan dan diarahkan walau agak keras namun menjaga norma dan etika, dan ketika umur 15 tahun dan seterusnya maka jadilah tempat curhat bagi anak-anak kalian, jadilah sahabat bagi anak-anak kalian. Dan metode pendidikan Luqmanul hakim ialah supaya jaga shalat. Dan mengingat Allah dengan shalat itu paling baik. Dan ilmu termahal bagi anak-anak kita ialah ilmu bagaimana menjaga shalat.

Shalat sunnah yang paling utama ialah tahajud. Dan shalat dhuha untuk bersedekah kepada tiap ruas. Dalam shalat ada fadhillah, rahmat, anugerah dan pertolongan Allah.Dan yang pertama kali dihisab ialah shalat wajib kita.

Wahai diriku jagalah shalatmu. Wahai keluargaku dan generasiku, ku tinggalkan pesan yakni jagalah shalatmu. Amal ibadahmu akan berarti dengan menegakan shalat. Dahulukanlah yang wajib yakni shalat wahai jiwa kemudian yang sunnah, mubah dst.

Yogyakarta, 7 Februari 2016

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline