Lihat ke Halaman Asli

M Abd Rahim

Khoirun Nas Anfa'uhum Linnnas

Penerapan Kodrat Zaman Guna Melindungi Tantangan Zaman pada Generasi Z

Diperbarui: 13 Juli 2024   10:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Penerapan Kodrat Zaman Guna Melindungi Tantangan Zaman pada Generasi Z

Oleh: M. Abd. Rahim

***

Generasi Z, yang lahir antara tahun 1997 dan 2012, merupakan generasi penerus bangsa yang saat ini memasuki usia remaja dan dewasa muda. Di era digital ini, mereka dihadapkan pada berbagai tantangan zaman yang kompleks, termasuk merosotnya moral, maraknya kekerasan seksual, pergaulan bebas dan judi online.

Mereka tidak akan lepas dari Handphone (HP), dimanapun mereka berada dan kapanpun juga mereka tidak akan lepas dari HP. HP tidak hanya menjadi kebutuhan tetapi juga menjadi teman di saat bersama teman ataupun saat sendirian. Kebersamaan mereka dengan HP lebih lama waktunya dari pada yang lain.

Di sinilah letak pentingnya penerapan kodrat zaman dalam upaya melindungi Generasi Z dari berbagai tantangan tersebut. Kodrat zaman, yang merujuk pada kodrat atau watak alami manusia yang sesuai dengan masanya, dapat menjadi panduan dalam membangun karakter dan jati diri Generasi Z yang tangguh dan bermoral.

Membangun Moral yang Kuat

Kodrat zaman menuntun Generasi Z untuk memiliki moral yang kuat dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan. Moral ini dapat ditanamkan melalui pendidikan karakter yang menekankan kejujuran, tanggung jawab, disiplin, menghormati orang tua dan guru, serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan budaya bangsa.

Penanaman moral ini perlu dilakukan sejak dini, melalui pendidikan di sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat. Orang tua dan guru harus berkolaborasi dan menjadi teladan yang baik bagi Gen Z dalam menunjukkan perilaku yang bermoral.

Mencegah Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas merupakan salah satu dampak negatif dari era digital yang dihadapi Generasi Z. Kodrat zaman mengingatkan Generasi Z untuk menjaga pergaulannya dan terhindar dari perilaku yang tidak terpuji.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline