Lihat ke Halaman Asli

M Abd Rahim

Khoirun Nas Anfa'uhum Linnnas

Semangat Pemuda

Diperbarui: 28 Oktober 2023   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Semangat Pemuda

Oleh: M. Abd. Rahim

***

Pagi itu, matahari bersinar cerah di langit Kota Surabaya. Di sebuah sudut kota ada sebuah sekolah, di sana terlihat sekelompok siswa dan siswi berkumpul untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Mereka berasal dari berbagai jurusan, mulai dari jurusan listrik, mesin, otomotif-mobil dan jurusan otomotif sepeda motor.

Hari ini begitu berbeda, tidak seperti biasanya. Para guru-guru tidak ada halaman sekolah, begitu pun ibu Kepala Sekolah dan para wakilnya. Entah, kehidupan telah berubah.

Kegiatan upacara bendera memperingati hari sumpah pemuda itu secara dadakan. Dan kemudian dikemas dengan inisiatif sendiri, sesuai kesepakatan anak-anak OSIS.

Acara dimulai dengan pembacaan teks Sumpah Pemuda oleh Felix. Setelah itu, dilanjutkan dengan pidato dari seorang siswa.

Kata seorang temannya adalah ketua OSIS yang mengajak para peserta untuk membangun semangat pemuda Indonesia.

"Pada hari ini, kita memperingati Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah tonggak penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Sumpah ini menyatukan kita sebagai satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa," kata ketua OSIS itu.

"Sebagai pemuda Indonesia, kita harus memiliki semangat yang tinggi untuk membangun bangsa ini. Kita harus menjadi agen perubahan untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline