Lihat ke Halaman Asli

M Abd Rahim

Khoirun Nas Anfa'uhum Linnnas

Yuk Upgrade Iman Kita di Bulan Ramadhan!

Diperbarui: 3 April 2023   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: PEXELS

Alhamdulillah pada kesempatan ini usia puasa sudah 12 hari terlewati. Banyak masjid atau mushalla banyak yang kosong, barisannya banyak yang berkurang. Iman seseorang kadang naik, kadang turun. Biasanya dipengaruhi oleh kondisi tubuh, jiwa, pikiran atau saat harapan tidak sesuai dengan apa yang dicita-citakan. 

Dengan kondisi iman yang sering naik turun, maka iman perlu diupgrade setiap waktu. Apalagi bulan ini bulan Ramadhan, para manusia berpuasa atau menjalankan kewajiban. Bila iman turun atau melemah, maka kebanyakan dari mereka tidak taat pada Tuhan. Walaupun tahu, puasa itu wajib tapi tidak dilaksanakan. 

Selama bulan Ramadhan pasti banyak cobaan, seperti ingin membuka warung makan dan minuman pada siang hari atau tempat makan lainnya. Ini menjadi pemicu, orang-orang yang berpuasa membatalkannya. Maka penjual dan pembeli makanan ini sejatinya tidak mempunyai iman atau iman melemah.

Maka di bulan puasa yang penuh berkah ini, manusia perlu mempertebal keimananan dan ketaqwaanya kepada-Nya. Mau menjalankan perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Si penjual jika mempunyai iman akan merasa malu dan takut kepada Allah saat menjual makanan pada siang hari di bulan Ramadhan. Jikalau mereka mempunyai iman, mereka akan berpuasa dengan sebaik-baiknya. 

Oleh karena itu, ada beberapa kegiatan untuk mengupgrade keimanan kita secara gratis di bulan puasa Ramadhan.

1. Mengingat Kematian

Untuk mengupgrade keimanan kita, yang pertama adalah menginngat kematian. Hidup di dunia ini tidak selamanya, dan semua yang hidup pasti akan mati. Jikalau mengingat kematian, apa yang kita inginkan selama hidup di dunia ini, selain beribadah kepada Allah. Maka sebelum kita meninggal dunia, kita berusaha berbuat kebaikan pada diri sendiri juga orang lain. Termasuk menjalankan ibadah puasa dan sedekah di bulan Ramadhan.

2. Mensykuri Kenikmatan

Menyukuri kenikmatan dari Allah SWT selama hidup di dunia ini. Allah berfirman: "Jika kalian bersyukur, maka sungguh Aku akan tambah (nikmat) untuk kalian. Dan jika kalian kufur, sesungguhnya siksa-Ku sangatlah pedih." Allah memberi kenikmatan yang sangat banyak, kenikmatan berupa rezeki, badan yang sehat, umur yang panjang, anak yang pintar dan lain sebagainya. Dan menyadari bahwa kita manusia yang lemah, manusia yang bisa meminta pertolongan kepada Allah SWT.

3. Sering Mendengarkan Pengajian

Untuk mengupgrade keimanan kita selanjutnya adalah sering mendengarkan pengajian. Mendengarkan pengajian dari seorang kyai, ust, ustadz membuat iman kita kembali normal dan kuat. Dari mensyukuri nikmat tersebut yang diberikan Allah, berupa Handphone, TV, Radio yang dimiliki akan digunakan untuk beribadah kepada Allah.  Maka di manapun dan kapanpun juga,  handphone, TV untuk mendengarkan pengajian. Dan yang sering kita bawa kemana-mana adalah HP, maka kita berusaha untuk memanfatkan  HP tersebut dengan sebaik-baiknya. Dari mendengarkan Ustadz dari pengajian tersebut, maka insyaallah iman kita akan bertambah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline