Lihat ke Halaman Asli

Ruel Salem Tjhai

pelajar sekolah.... udah gitu doang....

Pembuatan Patung dari Plastisin

Diperbarui: 26 September 2023   08:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Plastisin adalah bahan pemodelan yang terbuat dari garam kalsium, asam alifatik serta petroleum jelly. Tidak seperti keramik, plastisin tidak akan mengeras ketika didiamkan, sehingga plastisin dapat dimainkan berkali-kali dan dibentuk sesuka hati. Plastisin terbuat dari petroleum jelly, garam kalsium, dan asam alifatik. Jika ingin membuat sendiri, cukup sulit untuk menemukan bahan-bahannya. 

Sebagai alternatif, ada bahan-bahan yang bisa dijadikan mirip dengan plastisin. Dengan begitu, kamu bisa membuat plastisin sendiri. Berikut cara membuat plastisin sendiri: 2 1/2 cangkir tepung, 1 cangkir garam, 1 gelas air, Pewarna makanan (opsional). Cara membuat: pertama, campur bahan tanah liat jadi satu, Simpan tanah liat pemodelan di lemari es dalam kantong plastik tertutup atau dalam mangkuk yang ditutup dengan bungkus plastik

Di artikel kali ini, aku akan menjelaskan cara membuat patung semi-humanoid. Alasan aku memilih patung semi-humanoid plastisin karena mudah di bentuk, karena memiliki bahan dasar yang mudah untuk di dapatkan dan karena berasal dari ide sendiri. Patung ini bagus untuk menjadi sebuah pajangan estetik untuk mengisi tempat  kosong.

Pertama-tama kita ambil setabung plastisin dari container (seukuran playdoh), kemudian buatlah gunung tipis/gumpalan, lalu buatlah bentuk tiang dari ujung gunung/gumpalan tersebut (pastikan wujud gunung/gumpalan tetap ada) kemudian bentuk lah lengan kiri berbentuk lurus seperti sehelai tentakel(jika bahan kurang banyak, ambil sebagian plastisin dari gunung/gumpalan), kemudain bentuk lah lengan kanan, buatlah lebih besar dari tangan kiri, berihkan tangan pada ujung lengan (berbentuk satu jempol dengan sisa 4 jari lainya menyatu) kemudian buatlah kepala-nya (berihkan wajah menggunakan tusukan gigi jika mau) jika patung plastisin sudah, maka kamu bisa memajang-nya di tempat kosong

Dari yang kita pelajari, kita mengetahui asal mula plastisin yang berasal dari tanah liat sintetis, selain bahannya mudah untuk di dapatkan, plastisin juga berguna untuk melatih kereatifitas kita. Kita juga mendapat cara untuk membuat patung semi-humanoid langkah demi langkah. Jadi itu saja penjelasan tentang plastisin dan pembuatan patung pajangan, Terimakasih.

Sumber:

pembuatan: https://www.bola.com/ragam/read/5142667/apa-itu-plastisin-ketahui-formulasi-dan-cara-membuatnya




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline