Lihat ke Halaman Asli

M FuadFatoni

Mahasiswa

Tips bulking Ectomorph yang efektif

Diperbarui: 12 Mei 2023   23:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setiap orang ingin memiliki berat badan ideal. Keseimbangan antara tinggi dan berat badan akan membuat tubuh kita terlihat lebih proporsional. Namun, sayangnya kelompok orang ectomorph akan kesulitan mencapai berat badan yang ideal karena memiliki tubuh yang kurus dan susah untuk menaikkan berat badan.

Sekadar informasi, karakteristik bentuk tubuh ectomorph adalah bahu dan pinggul sempit, kaki dan lengan yang panjang dan ramping, struktur tulang kecil, dan lemak tubuh yang sangat sedikit. Tipe tubuh ini gampang untuk menurunkan berat badan mempertahankannya.

Sebelum melangkah lebih lanjut, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa itu Ectomorph

genetik-manusia-645676304addee3fe57b4272.jpg

Tipe ini memiliki ciri badan yang kurus, bahu kecil, dan dada relatif datar. Tipe jenis ini cenderung sulit untuk menambah berat badan dan massa otot. Tapi tidak menutup kemungkinan, hal ini bukan penghalang bagi mereka untuk memiliki badan ideal/atletis, asalkan dibarengi dengan latihan yang pas. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat :

1. Memahami Indeks Massa Tubuh (Body Mass Index : BMI)

Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) merupakan alat atau cara sederhana untuk memantau status gizi orang dewasa, khususnya yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan (Supariasa, 2016).  Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Indeks Massa Tubuh antara lain :

- Jenis kelamin

- Aktivitas fisik

- Genetik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline