Lihat ke Halaman Asli

M AKHYAR

Guru Pendidikan Khusus

Pendidikan Khusus dalam Perspektif Penerapan Budaya Positif

Diperbarui: 8 Agustus 2024   12:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perkembangan zaman selalu menuntut setiap orang untuk dapat beradaptasi, tangguh, dan fleksibel. Individu yang tangguh hanya diperoleh dari hasil proses pendidikan. Pendidikan adalah segala upaya sadar yang bertujuan untuk membimbing setiap potensi yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai kebahagiaan dan keselamatan setinggi mungkin, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. 

Pendidikan selalu menjadi tumpuan dan harapan untuk mengembangkan individu dan masyarakat hal ini selaras dengan cita-cita dari Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara, pendidikan seharusnya berfokus pada pengembangan kekuatan alami anak-anak, sehingga mereka dapat memperbaiki perilakunya (bukan sifat dasarnya). Anak-anak merupakan sebuah kehidupan yang akan tumbuh menurut kodratnya sendiri, yaitu kekuatan hidup lahir dan batin mereka.

Ki Hadjar Dewantara menekankan arti penting memperhatikan kodrat alam dan kodrat zaman dalam diri anak semasa pendidikan. Kondisi alam yang berbeda akan membentuk kebiasaan dan psikologis murid yang berbeda pula. 

Begitu pula dengan perkembangan teknologi yang sangat maju saat ini akan berdampak pada hal-hal yang berpengaruh pada murid baik secara positif maupun negatif termasuk pada lingkungan pendidikan khusus dengan segala keragaman peserta didik maka sangat perlu perhatian dan layanan yang sesuai dengan setiap aspek karakteristik anak .

Dalam proses "membimbing" ini, guru diibaratkan sebagai seorang petani, sedangkan murid sebagai biji jagung. Petani hanya bisa merawat jagung dengan baik, seperti memberikan air, pupuk, dan membersihkan dari tanaman serta hewan pengganggu, agar hasil panen jagung optimal. Seorang petani tidak boleh berharap menanam jagung tetapi mendapatkan padi saat panen. 

Dalam proses membimbing, anak-anak juga perlu diberikan kebebasan, namun pendidikan sebagai "Among" harus memberikan arahan dan panduan agar mereka tidak tersesat atau membahayakan diri sendiri. Oleh karena itu, bimbingan seorang pendidik harus mampu membuat anak-anak mampu mengelola diri mereka untuk hidup bersama dengan orang lain, menjadi individu yang baik sekaligus anggota masyarakat.

Untuk mencapai hal tersebut, guru perlu menciptakan lingkungan positif yang terdiri dari warga sekolah yang saling mendukung dan bekerja sama untuk membentuk kebiasaan-kebiasaan baik. Kebiasaan-kebiasaan ini akan berkembang menjadi karakter-karakter baik bagi seluruh warga sekolah. 

Seperti halnya pada anak-anak yang mengalami hambatan atau berkebutuhan khusus tentu perlu dibentuk kebiasaan-kebiasaan yang sifatnya berkelanjutan agar anak dapat memahami secara utuh kebiasaan-kebiasaan yang akan dikembangkan tersebut. Akhirnya, karakter-karakter yang terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan baik ini akan menciptakan "budaya positif". 

Guru yang dalam hal ini adalah guru di lingkup satuan pendidikan khusus hendaknya memulai budaya positif dari skala kecil seperti di ruang-ruang kelas dengan membimbing murid menerapkan keyakinan kelas yang telah disepakati sebagai upaya perubahan menuju yang lebih baik, agar menjadi pribadi yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri berdasarkan nilai-nilai yang mereka percayai.

Keberhasilan penerapan budaya positif sangat erat kaitannya dengan disiplin dan budaya yang diterapkan di sekolah. Mewujudkan budaya positif ini tidaklah mudah, banyak hambatan dan rintangan yang akan dihadapi karena masih banyak murid yang tidak disiplin sehingga budaya positif belum terwujud sepenuhnya. 

Budaya positif di sekolah mencakup nilai-nilai dan kebiasaan yang mendukung perkembangan murid menjadi pribadi yang kritis, penuh hormat, dan bertanggung jawab. Untuk membangun budaya yang positif, sekolah perlu menyediakan lingkungan yang positif, kondusif, aman, dan nyaman agar murid-murid mampu berpikir, bertindak, dan berkreasi secara mandiri dan bertanggung jawab. Salah satu strategi yang perlu dievaluasi adalah bentuk disiplin yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah kita.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline