Ingin cepat maju dalam jenjang karir? Ingin melakukan segala hal secara efektif? Ingin menghasilkan pencapaian dalam jumlah banyak dengan sedikit usaha? Semuanya dapat kita raih hanya dengan satu cara. produktif.
Segala hal yang kita kerjakan, kerjakanlah. Jangan ditunda-tunda. Manfaatkan waktu yang ada dengan baik. Berhentilah membuang-buang waktu. Berhentilah menghabiskan waktu dengan aktivitas biasa-biasa saja. Isilah waktu dengan sesuatu yang bisa meningkatkan "nilai jual" kita.
Caranya adalah dengan bekerja lebih produktif, bekerja dengan menggunakan tenaga, waktu dan fokus secara maksimal.
Jika kita bekerja lebih produktif daripada orang biasa, kita akan maju lebih cepat dalam karier kita. Dan itu hanya bisa diperoleh jika kita belajar lebih banyak dan melakukan lebih banyak. Hingga akhirnya kita dihargai lebih banyak.
Peningkatan karir hanya akan terjadi jika kualitas pekerjaan kita meningkat. Bagaimana cara untuk meningkatkan kedua hal diatas? Karir dan kualitas pekerjaan kita? Jawabannya adalah lakukan segalanya secara efektif. Ketika kita telah melakukan segalanya secara efektif, otomatis kepribadian kita, emosional kita dan finansial kita akan meningkat. Itu sudah merupakan sebuah kepastian.
Apa yang kita tanam akan kita panen. Secara praktis, ini artinya: kita mungkin bekerja selama 50 jam seminggu, tetapi jika kita tidak mengalami pertumbuhan apa pun secara pribadi, emosional, finansial, kita tidak efektif.
Lantas, bagaimana cara meningkatkan efektifitas kita? Jawabannya hanya satu. Jangan suka menunda-nunda sesuatu. Apapun itu. Agar kita tidak sering menunda-nunda sesuatu, ikutilah langkah-langkah berikut ini :
1. Ketahui waktu kita.
Apakah kita tahu waktu yang kita miliki? Apakah kita sering membiarkan waktu milik kita berlalu begitu saja? Jika kita tidak mengukur waktu yang kita miliki, sulit untuk menghentikan penundaan atau meningkatkan produktivitas kita. Karena jika kita ingin mengatur waktu kita lebih baik, kita harus tahu ke mana arah tujuan kita dan berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk meraih tujuan tersebut. Tanpa memahami kedua hal itu, waktu akan berlalu dengan percuma.
Bagaimana kita mengetahui waktu yang kita gunakan berjalan dengan efektif? Gunakan jurnal harian. Catat semua kegiatan kita setiap hari. Di akhir pekan, evaluasilah jurnal itu. Jurnal ini berfungsi sebagai perekam data kegiatan kita setiap hari.
2. Identifikasi pekerjaan yang tidak produktif