Lihat ke Halaman Asli

M maulanaizzabillah

m maulana izzabillah

Mengembangkan Produksi Kopi UMKM dari Segi Kemasan dan Pemasaran

Diperbarui: 4 Januari 2022   19:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Kita pasti pernah mendengar dan tidak asing lagi dengan istilah UMKM, namun apa itu UMKM sebenarnya?. UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Kelompok usaha ini merupakan kelompok dengan jumlah terbesar di Indonesia. Kemampuan UMKM bertahan terhadap krisis dan menjawab tantangan perekonomian di Indonesia membuatnya menjadi sektor yang sangat diandalkan oleh negara kita.

            Di Desa Raci yang terletak di kecamatan Bangil kabupaten Pasuruan, memiliki UMKM yang didirikan oleh masyarakat Desa Raci sebagai sebuah kegiatan usaha yang dijalankan oleh masyarakat dengan tujuan memperluas lapangan pekerjaan serta memberi pelayanan ekonomi kepada masyarakat secara luas. Kegiatan usaha yang termasuk ke dalam UMKM ini diharapkan bisa membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan serta mampu mewujudkan stabilitas nasional.

            UMKM yang di bangun oleh masyarakat sendiri adalah UMKM yang bisa di bilang bergerak di bidang pangan, yaitu produksi kopi. Produksi nya sendiri masih di bilang kecil, karena hasil produksi yang di hasilkan UMKM tersebut pemasarannya hanya sebatas memasarkan di warung-warung kelontong yang ada di sekitar desa tersebut.

            Dari wawancara yang di lakukan terhadap pengelola UMKM ada sedikit kendala dalam masalah pemasaran, di karenakan pemasarannya hanya sebatas dari mulut kemulut, dari orang orang sekitar dan kemasannya pun sangat sederhana, yaitu cuman dengan bungkus plastik polos yang tidak ada penggunaan logo produk pada kemasan. Karena salah satu faktor penting yang dapat mendukung berkembangnya UMKM  adalah teknologi dan pemanfaatannya. Para pelaku UMKM perlu diberi edukasi berbasis teknologi untuk lebih mengembangkan usahanya. Memasarkan melalui via online, melayani pembelian secara online hingga beberapa langkah yang bisa membuat jangkauan pemasaran menjadi lebih luas.

Dari permasalahan di atas, di temukan solusi bagaimana cara memasarkan produk kopi UMKM melalui market place yang tersedia di jejaring sosial sehingga dapat membantu dalam hal pemasaran sehingga produk dari UMKM tersebut bisa terjual secara luas, dan juga membantu memperbaiki kemasan produk dengan cara membantu mendisign logo produk sehingga produk kopi dari hasil UMKM tersebut lebih menarik konsumen

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline