Lihat ke Halaman Asli

KKM-DR UIN Malang Menginpirasi Warga Kendo melalui Sosialisasi Kewirausahaan

Diperbarui: 1 Februari 2022   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

M. Fiqih Fardiansyah 19510002KKM-DR UIN Malang 2021-2022

Kewirausahaan adalah proses untuk mengidentifikasikan, mengembangkan dan membawa visi misi ke dalam keseharian. Bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

Pada Jumat 21 Januari 2022, Mahasiswa KKM-DR UIN Malang mengabdi di Kelurahan Kendo, Kecamatan Raba, Kota Bima. Melangsungkan kegiatan sosialisasi Kewirausahaan dengan tema "Strategi Pemanfaatan Pengelolaan Pelepah pisang, Untuk Membangun Ekonomi Pasca Pandemi" alasan kami untuk mengangkat tema tersebut karena, selama kami mengabdi kurang lebih 3 minggu kami mengamati hasil alam dari Warga Kendo, Kec Raba, Kota Bima.

Banyak sekali limbah pelepah pisang yang terbuang sehingga membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap, padahal jika limbah pelepah pisang bisa dengan baik maka akan menjadi sebuah produk yang banyak sekali manfaatnya, seperti rumor bahwasannya pohon pisang salah satu pohon yang memiliki 1000 manfaat.namun tidak sampai disitu mahasiswa KKM-DR UIN Malang 2021-2022, mencoba untuk eksperimen membuat sebuah produk menarik menggunakan pelepah pisang, sehingga muncullah ide untuk membuat produk kuliner berupa keripik pelepah pisang, yang diberi merek KENDO CHIPS.Alasan mahasiswa KKM-DR UIN Malang memberi merek tersebut, karena ingin menciptakan dan membentuk identitas untuk kelurahan Kendo, Kec Raba, Kota Bima sehingga bisa menciptakan ciri khas dari desa Kendo. 

Foto: Dokumentasi Pribadi

Selain itu mengingat pandemi banyak sekali masyarakat desa Kendo yang terbatas untuk melakukan aktivitas jual beli. Maka dengan inovasi Kendo chips ini berharap bisa membangun kembali perekonomian desa Kendo.Setelah mahasiswa KKM-DR UIN Malang Berhasil dan produk tersebut layak untuk dikenalkan dan dijadikan inspirasi untuk warga desa Kendo untuk memanfaatkan limbah pelepah pisang supaya tidak terbuang percuma, maka pada kesempatan sosialisasi kewirausahaan tepatnya di kantor kelurahan Kendo, mengundang dan menarik perhatian para warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Pada saat kegiatan sosialisasi berlangsung, mahasiswa KKM-DR UIN Malang terlebih dahulu mengedukasi betapa pentingnya berwirausaha dan step atau cara-cara pemasaran yang baik dan benar, serta tidak lupa untuk mempraktikkan langsung cara pengolahan pelepah pisang yang baik dan benar sehingga layak dijadikan produk, dengan harapan masyarakat desa Kendo bisa menindaklanjuti inovasi dari mahasiswa KKM-DR UIN Malang untuk di pasarkan hingga bisa menyentuh pasar internasional. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline