Lihat ke Halaman Asli

M RizalKhoirullah

Mahasiswa Universitas brawijaya

MMD UB Kelompok 946 Meluncurkan Website Pelayanan Publik sebagai Pusat Informasi Untuk Desa Selorejo

Diperbarui: 18 Agustus 2023   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MMD UB 946 - Dok. pribadi

Pada Minggu (23/07) kelompok 946 Mahasiswa Membangun Desa (MMD) meresmikan peluncuran website pelayanan publik di Desa Selorejo Kabupaten Lamongan. Pembuatan website pelayanan publik ini merupakan hasil kolaborasi antar anggota kelompok MMD 946. Acara peluncuran website tersebut diawali dengan sosialisasi Penerapan tata kelola pemerintahan desa berbasis (Good Governance). Peluncuran website ini nantinya akan membantu warga Desa Selorejo untuk mengurus keperluan administrati secara online.

Inisiasi pembuatan website ini awalnya dari Kepala Desa Selorejo yang menginginkan adanya pelayanan publik berbasis digital. Hal tersebut yang kemudian coba di elaborasi oleh anggota kelompok 946, Sekar Ria Amanda sebagai mahasiswa jurusan sistem informasi. "Jadi pada saat kami datang ke balai desa, Pak Kades meminta kami untuk dibuatkan website yang isinya bisa digunakan untuk mengurus keperluan administrasi warga desa" terang Sekar.

Selain itu, Sekar juga menambahkan bahwa nantinya website ini bisa juga sebagai pusat informasi terpadu. "Tak hanya terkait pengurusan admnisitrasi publik, website ini juga menjadi pusat informasi resmi yang memuat berita atau pengumunan dari desa sehingga dapat meningkatkan literasi kepada warga desa" ucap Sekar.

Website Desa Selorejo ini dapat membantu warga untuk mengurus beberapa hal seperti pengantar Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan kematian, surat keterangan wali, surat kehilangan dan surat keterangan tidak mampu sekolah.

Pak Ahmado Romadona selaku Kepada Desa Selorejo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kelompok 946 MMD yang telah menginisiasi program ini. "Apa yang dilakukan oleh adik-adik ini luar biasa dan patut diapresiasi" Pungkas Pak Ahmado Selaku Kades Selorejo.

Pak Kades juga mengatakan, harapannya dengan adanya website ini bisa meningkatkan pelayanan kepada warga Desa Selorejo. "panjenengan sedoyo bisa mengurus surat-surat tersebut saking griya mboten sah bolak balek balai desa lagi" tambah Pak Kades.

Adanya sosialisasi tata kelola pemerintahan desa ini juga menambahkan kesadaran warga Desa Selorejo untuk mendapatkan akses pelayanan publik yang lebih baik lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline