Lihat ke Halaman Asli

404 Not Found

404 Not Found - 最先端の人間の推論の開発者の小さなグループ。

BJ0RK4 - entah BJORKA atau Biorka - "Kami hanya 'melihat', enggan 'Bertindak' (Buronan Tanpa 'Bounty')

Diperbarui: 2 Oktober 2023   09:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: https://p16.topbuzzcdn.com/img/tos-alisg-i-3p5e70exam-sg/a1014c6267804f77b13fecc07c8bdb3a~720x0.png

Saya sebenarnya agak malas membahas tentang topik yang satu ini. Akan tetapi, ada beberapa orang yang 'secara diam-diam' bertanya melalui e-mail Tim tentang track-record yang katanya 'hacker' (atau 'cracker') bernama BJORKA yang beberapa waktu lalu sempat heboh dikabarkan di jagat maya Indonesia. Jujur saja, nama itu diwartakan di forum anonymous, sempat membingungkan beberapa user lain di dalam forum tersebut. Question yang saya lontarkan pernah dibalas oleh salah satu user-anonim yang menjawab demikian:

"makhluk jenis apa yang diberitakan di media negara Anda? membocorkan data-data penting negara? aset-aset privasi lembaga? berikan saya terjemahan semua media yang memberitakannya dan akan saya cari tahu di forum kami."

Dalam forum itu, istilah makhluk  yang dipakai dalam kutipan pesan tersebut berarti 'bahasa kasar' atau 'makian' dalam bahasa Rusia yang saya samarkan. Semua media berita yang diminta saya berikan link yang relevan sehingga ia dan beberapa lainnya dapat menyimak apa yang 'diwartakan media Indonesia' mengenai Bjorka. Dalam waktu kurang lebih 3-4 hari, forum yang sedang paused tersebut kembali ditanggapi oleh beberapa teman chat saya sebagai berikut:

"dia aneh dan tidak berperilaku seperti hacker atau cracker. Dia lebih dekat dengan "alat". Mungkin ada sesuatu yang membuat user yang dinamai media negara Anda dengan Bjorka mencoba untuk mengalihkan sesuatu masalah yang lebih serius dari pada data-data privasi yang sudah dibocorkan. Lebih kepada peran pengganti dari masalah yang lebih serius dan ini bukan ciri khas seorang hacker atau cracker. Media negara Anda yang memberi label hacker pada makhluk aneh. Hahaha..."

Saya 'tidak dapat' menertawakan fenomena itu di dunia maya Indonesia, karena dianggap sangat tidak etis jika di dalam situasi negara yang sedang panik-panik nya diutak-atik oleh Bjorka. Akan tetapi, di forum itu, tak ada penghalang sama sekali untuk berinteraksi dengan siapa saja dengan syarat - jangan pernah menginformasikan dirimu dengan benar - sehingga saya pun hanya ikut menanggapi pernyataannya dengan beberapa emoticon 'tertawa'. Kemudian, ada teman lainnya ikut masuk dalam forum dan menanggapi:

"sepertinya ada otoritas tertentu yang mendampingi hacker yang kalian bicarakan. Track-record nya di sini (deepweb atau darkweb) tidak pernah kami lihat. Saya sepertinya setuju dengan apa yang dikatakan oleh ******** (nama disamarkan) bahwa dia bertindak seperti 'orang yang disuruh-suruh'. Jika saya menjadi seperti dia, saya tidak akan melakukannya karena itu akan sangat merendahkan harga diri saya. Haha..."

Saya kembali terdiam dengan kata-katanya barusan - ada otoritas yang mendampingi - tetapi saya berusaha untuk sebisa mungkin tenang dan tidak perlu menanggapi hal itu secara serius. Balasan lain yang cukup menarik dari salah satu user sebagai berikut:

"kesalahan terbesar dari negara Anda adalah ketidakpedulian akan keamanan cyber. Mereka mungkin menganggap tindakah hacker yang kalian maksudkan adalah untuk menghancurkan atau mengobrak-abrik negara. Jika Anda berani, katakanlah kepada para pemimpin negara Anda bahwa mereka harus peduli dengan dunia digital dan tidak hanya bertautan untuk menjaga kesejahteraan dan keamanan negara di dunia nyata, tetapi di dunia maya. Dunia Anda dan saya saat ini (di internet, red.) lebih dalam dan lebih luas daripada negara Anda atau negara saya, begitu juga kita semua yang online saat ini. Dunia online adalah kebalikan dari dunia nyata yang kian semakin sempit - apa yang membuat Anda merasa mustahil di dunia nyata, dengan mudahnya Anda dapatkan di sini. Saya turut prihatin untuk itu, tetapi jika Anda ingin memperbaiki itu maka mulailah dengan membuka peran sebagai aktor yang mampu melihat lebih jauh bagaimana sebuah jembatan dapat dibangun dari dunia nyata ke dunia maya. Mungkin itu bisa membantu."

Belum sempat saya membalas komentar tanggapan di atas, ternyata ada salah satu user di dalam forum sudah lebih dahulu menanggapi komentar tersebut demikian:

"Bjorka adalah nama aneh yang amat aneh untuk seseorang yang berperan mengacaukan sebuah negara dengan tindakannya seperti berita media di negara Anda. Dia (Bjorka, red.) bukan oknum sendirian, tetapi dia sebenarnya kelompok. Dia sepertinya sudah mendapatkan data-data yang dikatakan 'bocor' jauh hari sebelum dia mempublikasikannya ke publik. Seorang hacker atau cracker tidak akan pernah membagikan data 'curian'-nya kepada publik, apalagi kepada 'target' (korban, red.) incarannya. Dia membiarkan 'barang berharganya' di-released di Brached adalah hal konyol untuk seukuran peretas profesional. Dia tidak punya prioritas apa-apa di sana, dia hanya coba 'bermain-main' dengan suasana jagat maya di negara Anda. Kalau disejajarkan, status dia justru di bawah level amatir untuk seukuran hacker pro, tetapi di bawah lagi - dia seperti 'sampah' yang membuang 'harta' ke lubang sampah. Saya hanya ingin mengatakan satu hal bahwa bayangan Anda tentang dia adalah hacker profesional adalah pengetahuan paling konyol yang pernah saya dengar. Dia adalah mereka - mereka adalah kelompok yang sudah mendapatkan informasi 'gratis' tanpa 'usaha'. Takkan pernah diakui dunia bahwa seorang hacker hanya memamerkan hasil temuannya di depan publik dan menjualnya. Terlalu bodoh untuk sekelompok orang yang berperan sebagai seseorang yang menamai diri mereka sebagai hacker atau cracker pro!"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline