Lihat ke Halaman Asli

m agungf

Saya seorang mahasiswa Universitas Brawijaya Program Studi Instrumentasi Departemen Fisika.

Dorong Digitalisasi UMKM, Mahasiswa UB Berikan Pelatihan Pemasaran Digital Berbasis E-Commerce

Diperbarui: 13 Agustus 2023   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto | Dokumentasi Pribadi

Kabupaten Blitar, 24 Juli 2023 -- Mahasiswa MMD UB -- 1000 (Mahasiswa Membangun Desa) Universitas Brawijaya (UB) kelompok 341 Desa Doko memberikan sosialisasi dan pelatihan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Doko, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Adapun kegiatan ini dilakukan didasari oleh banyaknya pelaku UMKM yang sudah memiliki produk, akan tetapi terkendala dalam memasarkan produk-produknya. Mayoritas pemasaran produk yang dilakukan oleh para pelaku UMKM ini hanya antar tetangga saja, sehingga keuntungan yang didapat tidak maksimal. Selain itu, pemasaran yang dilakukan para pelaku UMKM ini juga melibatkan pelaku pihak lain sebagai reseller sehingga keuntungan yang didapat para pelaku UMKM tersebut sebagai supplier dinilai kurang. 

Adapun kegiatan sosialisasi dan pelatihan yang dilaksanakan oleh MMD UB 341 tersebut dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Doko, dengan dihadiri oleh beberapa stakeholder diantaranya Kepala Desa Doko, Ibu-ibu PKK, perwakilan masyarakat, dan pelaku UMKM. Pelaksanaan kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari tujuan bersama serta amanah dari Kepala Desa Doko untuk membimbing para pelaku UMKM khususnya di Desa Doko untuk memberikan nilai tambah bagi produk hasil UMKM tersebut. 

Pada kegiatan yang bertema Pemasaran Digital ini, didapati beberapa rangkaian program diawali dengan pembuatan desain banner usaha dan pembuatan akun media sosial Instagram sebagai media promosi pemasaran bagi pelaku UMKM. 

Foto | Dokumentasi Pribadi

Selanjutnya terdapat kegiatan berupa sosialisasi dan edukasi mengenai Digitalisasi dan Era Revolusi Industri. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat, khususnya stakeholder yang hadir pada kegiatan tersebut. Dalam rangkaian kegiatan tersebut terdapat pelatihan secara langsung mengenai pembuatan akun e-commerce salah satunya yaitu shopee. Adapun aplikasi tersebut digunakan sebagai wadah bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produk hasil UMKM secara digital. 

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan Insight baru kepada warga Desa Doko khususnya para pelaku UMKM, akan pentingnya pemanfaatan dan pengembangan teknologi digital. Selain itu, adanya pelatihan bagi pelaku UMKM bertujuan untuk memberikan wawasan lebih berkenaan dengan pengoperasian media promosi dan pemasaran berbasis e-commerce.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline