Lihat ke Halaman Asli

M ArfinMulki

Mahasiswa UMRI

Pancasila sebagai Ideologi Negara

Diperbarui: 4 Mei 2021   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui bahwa Pancasila sangat penting sebagai dasar negara yang mengatur segala kehidupan masyarakat yang ada di Negara ini dan pancasila juga berperan sebagai persatuan yang tujuan nya adalah untuk mempersatukan Indonesia. Peran Pancasila ini sangat besar, dan kita tidak tahu apa jadinya Indonesia ketika tidak adanya Pancasila yang sebagai kebudayaan seperti saat ini.

Tapi apa yang terjadi pada Indonesia sekarang ? Peran petinggi-petinggi yang ada di Indonesia yang seharusnya menjadi menjadi wakil rakyat atau orang yang menyampaikan keluh kesah Masyarakat untuk bisa didengar oleh pejabat-pejabat yang ada di Indonesia, tetapi semua itu tidak berlaku, pejabat yang hanya mementingkan diri sendiri, seperti kata-kata tumpul ke atas tajam ke bawah, Masyarakat yang berada di bawah tertindas dan semua di salahkan, seakan-akan Masyarakat itu tidak memiliki suara di negara nya sendiri. Koruptor yang diberi kemewahan dan di beri hukuman yang serendah-rendahnya sedangakan Masyarakat lemah yang tidak berdaya ketika melakukan kejahatan yang seharusnya tidak selayaknya mendapatkan hukuman yang berat tetapi diberi hukuman yang tidak seharusnya, lantas apa yang dilakukan nya. Hanya menerima keputusan yang ditetapkan dan tidak bisa melawan.

Hilang nya Pancasila di diri seseorang yang telah ditanamkan sejak dari sekolah dasar sirna ketika semua nya telah di berikan uang yang segumpal, sehingga lupa akan arti dari Pancasila itu sendiri, seperti sila ke 2 dan 3 kemanusiaan yang adil dan beradab dan persatuan Indonesia. Sekarang itu hanya sebagai bacaan yang tidak ada lagi tertanam di diri masyarakat indonesia. Pancasila sebagai ideologi negara patut dipertanyakan sekarang apakah pantas Pancasila disebut sebagai ideologi negara, sedangkan nilai-nilai Pancasila sudah hilang di diri seseorang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline