Lihat ke Halaman Asli

Ayooo Kuliah!

Diperbarui: 12 Agustus 2024   15:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kuliah merupakan impian setiap anak, apalagi mereka yang sudah duduk dibangku kelas 3 SMA atau sekarang lebih dikenal kelas 12. Ketika sudah dibangku Sekolah Menengah Atas sudah sering menggema "mau kuliah dimana kamu nanti ?" bukan saja di sekolah bahkan di rumah dan di lingkungan juga selalu ditanyakan pertanyaan seperti itu. Kampus negeri masih menjadi primadona dan idola, walaupun  kenyataannya  untuk masuk ke universitas negeri sangat sulit.  Ada 3 jalur favorit untuk masuk ke PTN yaitu: 

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 

2. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan 

3. Seleksi Mandiri. 

Ketiga jalur ini tentunya memiliki kriteria masing-masing dan tidak mudah untuk ditaklukkan, Siswa-siswa yang beruntung bisa dapat masuk ke PTN idamannya. 

Selain PTN pilihan kuliah di PTS bukan merupakan pilihan yang tidak bagus, banyak sekali PTS di indonesia yang sangat bagus, memiliki akreditasi dengan predikat unggul, predikat baik sekali, predikat baik dll. Alumni - alumninya pun tidak kalah hebatnya bisa menempati posisi yang top di pemerintahan, diperusahaan multi internasional dan ada juga yang menjadi Entreprenueur yang sukses. 

PTS saat ini sudah banyak dan memiliki jurusan yang banyak juga, ada komputer, managemen, pendidikan, teknik dan lain sebagainya. Keinginan untuk kuliah jangan sampai terhenti ketika anda tidak lulus PTN, tetap lanjutkan mengejar cita-cita. PTS saat ini juga banyak yang menyediakan kelas berbasis karyawan, kelas weekend dan ada kelas online. dengan biaya yang bervariasi. mulai dari Rp500 ribuan per bulan. 

Mau pintar? Belajar!.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline