Lihat ke Halaman Asli

BBM: Minyak dan Sumber Daya Energi Terbarukan

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Saat ini dunia masih menganggap bahwa minyak adalah raja dari semua energi yang dibutuhkan untuk menjadi kuat. AS terlepas dari semua konspirasi yang menyelubungi semua tindak tanduknya di Timur Tengah menjadi negara dengan kebutuhan energi yang besar 25% dunia sementara dirinya hanya bisa menyediakan 6% saja. Sebagai negara yang dikenal kuat baik ekonomi, militer, politik, dan lainnya AS selalu berupaya menyediakan energi yang mencukupi tanpa harus bergantung pada negeri-negeri yang politiknya selalu panas. Untuk itulah para ilmuwan mencari sumber energi yang terbarukan dan siap sedia untuk dimanfaatkan dalam jangka yang panjang.

Energi matahari dapat dianggap sebagai sumber termurah terutama bagi produksi listrik. Indonesia masih kecil dalam pemanfaatan energi matahari karena beberapa kendala seperti SDM, geografis, dan transfer teknologi yang belum sempurna. Arab Saudi sebagai negara kaya minyak sudah menjadikan energi matahari sebagai prioritas utsma dalam produksi listrik negara itu.

Energi angin terutama angin laut, Indonesia tentu dapat memanfaatkannya dengan mengambil teknologi dari Belanda yang menjadikan kincir angin untuk kelangsungan negara mereka.

Indonesia sebenarnya menjadi sumber bagi semua energiyang dapat diproduksi simuka bumi ini apabila dapt memanfaatkannya secara maksimal. Arus laut dalam, air, ombak, panas bumi, semua diproduksi oleh alam Indonesia dalam jumlah yang melimpah. Semangat yang besar akan menjadikan Indonesia menjadi penghasil energi yang besar di dunia dan akan menjadikan negeri ini makmur. Setidaknya dengan langkah di masa depan yaitu "Tidak ada lagi kenaikn BBM"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline