Lihat ke Halaman Asli

Memimpin Sebuah Team

Diperbarui: 25 Juli 2018   20:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kerjasama yang baik dapat memajukan sebuah team untuk mencapai visi misi suatu organisasi | pexels.com

Dibalik suksesnya suatu organisasi pasti ada team kerja yang menyokongnya agar bisa mencapai visi dan misi suatu organisasi.  Tim adalah satu unit dari dua atau lebih orang yang berinteraksi dan mengkoordinasikan pekerjaan mereka untuk mencapai tujuan bersama atau tujuan yang mereka jalankan dan pertanggungjawaban mereka sendiri. 

Selain itu, konsep kerja tim menyiratkan bahwa orang menyublimasikan kebutuhan, keinginan, ego, pengetahuan, keterampilan, dan usaha mereka untuk mencapai tujuan bersama.

Daft (2015) menyatakan ada empat type dari sebuah team, yaitu

  • Tim Fungsional adalah Tim yang terdiri dari atasan dan bawahannya dalam rantai komando formal. Terkadang disebut tim vertikal atau tim komando, tim fungsional dapat mencakup tiga atau empat tingkat hierarki di dalam sebuah departemen. Tim fungsional membuat satu departemen dalam organisasi.
  • Tim Lintas Departemen adalah terdiri dari anggota dari berbagai departemen di dalam organisasi. Tim lintas departemen biasanya digunakan untuk proyek yang mempengaruhi beberapa departemen dan oleh karena itu memerlukan banyak pandangan dipertimbangkan. Tim lintas departemen memfasilitasi pembagian informasi melintasi batas-batas fungsional, menghasilkan saran untuk mengkoordinasikan departemen yang diwakili, mengembangkan gagasan dan solusi baru untuk masalah organisasi yang ada, dan membantu dalam mengembangkan praktik atau kebijakan baru.
  • Salah satu jenis tim lintas departemen adalah tim khusus, tim tujuan khusus fokus pada tujuan tertentu dan bubar begitu proyek selesai. Mereka diciptakan di luar struktur organisasi formal untuk melakukan proyek yang memiliki kepentingan atau kompleksitas khusus atau untuk mengembangkan produk atau layanan baru.
  • Tim yang Disutradarai Sendiri Tim lintas departemen secara bertahap dapat berevolusi menjadi tim yang diarahkan sendiri. Tim yang diarahkan sendiri, terdiri dari karyawan yang bekerja dengan pengawasan dan memutar pekerjaan untuk menghasilkan keseluruhan produk atau layanan, atau setidaknya satu aspek atau bagian produk yang lengkap.

Penting bagi para pemimpin untuk memahami bahwa team berkembang dari waktu ke waktu.  Beberapa tahapan ini biasanya terjadi secara berurutan untuk membentuk suatu team.

  • Pembentukan / Forming - Tahap pembentukan pembangunan adalah periode dan mendapatkan anggota team untuk mengetahui perilaku anggota yang dapat diterima anggota lain, menjajaki kemungkinan kemungkinan pertemanan, dan menentukan orientasi tugas dan aturan dasarnya atau apa yang diharapkan dari mereka.
  • Penyerbuan / Storming - Selama tahap penyerbuan, kepribadian individu muncul terlihat dengan jelas, orang menjadi lebih tegas dalam mengklarifikasi peran mereka. Dalam sebuah team ditandai oleh konflik dan ketidaksepakatan. Anggota tim mungkin tidak setuju dengan misi atau sasaran team mereka. Team ini ditandai dengan kurangnya kesatuan dan kohesif.
  • Norming - Pada tahap norming, konflik telah terselesaikan dan persatuan team dan hal lainnya muncul. Semua itu berkembang bagaimana pemimpin yang baik dan peran anggota jelas. Anggota team saling mengerti dan saling menerima.
  • Performing / Pertunjukan - Selama tahap pertunjukan, penekanan utamanya adalah pada pencapaian tujuan team. Anggota berkomitmen terhadap misi team. Mereka sering berinteraksi, mengkoordinasikan tindakan mereka  dan menangani ketidaksepakatan secara matang dan produktif.
  • Adjourning / Penangguhan - Tahap penangguhan terjadi di komite dan tim yang memiliki tugas terbatas untuk melakukan dan dibubarkan sesudahnya.

Dalam sebuah team menggabungkan beberapa orang bukanlah hal yang mudah, perseisihan dan salah paham sangat mungkin terjadi, maka dari itu sebagai pemimpin haruslah mengetahui cara agar perselisihan bisa dihilangkan.

  • Memilih anggota tim yang tepat. Seorang Pemimpin akan memilih anggota berdasarkan kompetensi dan latar belakang berbeda yang dibutuhkan dalam penyelesaian sebuah proyek.  Pemimpin harus mengetahui rekam jejak anggota tim dalam kaitannya dengan hubungan inter personal. Artinya, ada pengetahuan apakah seorang calon anggota pernah berkonflik dengan calon lain.
  • Membuat sebuah kesepakatan. Walaupun anggota tim tidak mempunyai rekam jejak konflik sebelumnya, potensi mempunyai konflik bisa saja terjadi saat proyek berlangsung. Hal ini disebabkan oleh perbedaan pendapat yang tidak sehat dan mementingkan kepentingan individu.  Pemimpin harus segera membuat sebuah kesepakatan apabila konflik muncul. Semua hal disepakati bersama sebelum proyek berjalan.
  • Mencari akar permasalahan.  Bila konflik terjadi pemimpin harus segera memanggil pihak yang berkonflik untuk memetakan akar permasalahan sehingga bisa segera diambil solusinya. Hal ini lebih mudah diselesaikan bila permasalahan yang ada lebih bersifat pada kurangnya komunikasi sehingga terjadi kesalahpahaman.
  • Mengambil sikap tegas. Pemimpin team mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa proyek berjalan sesuai jadwalnya.  Konflik yang tidak terhindarkan bisa merubah waktu. Untuk itu pemimpin perlu mengambil sikap kepada anggota tim apabila konflik sudah mulai mengganggu aktivitas.

Tak bisa dipungkiri bila keberadaan team  memang sangat penting dalam membangun sebuah organisasi. Bahkan maju team akanya sebuah organisasi sangat dipengaruhi oleh team yang ada di dalamnya. Semakin solid team yang mendukung sebuah bisnis, maka akan semakin besar pula peluang sukses yang dimiliki organisasi tersebut.  Seorang pemimpin perlu membagi fokus pada hal-hal yang jauh di luar dirinya, pemimpin harus bisa memimpin pikiran dari pada anggota teamnya agar bisa menyatukan pikiran-pikiran anggotanya dan mengasilkan tujuan organisasi yang diinginkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline