Lihat ke Halaman Asli

5 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Diperbarui: 5 Desember 2023   13:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi minuman sehat/Pexels.com/Valeria Boltneva

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan metabolisme mulai dari mengatur pola makan hingga rajin berolahraga. Metabolisme tubuh pun bisa membantu penyerapan energi dan mengurangi terjadinya berbagai macam penyakit. Untuk itu, penting bagimu memperhatikan makanan yang dikonsumsi baik dari kebutuhan pokok maupun cemilan kesukaan. Maka dari itu, supaya kamu tahu lebih banyak cara meningkatkan metabolisme tubuh bisa cek artikel di bawah ini.

  • Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Ilustrasi perempuan sehat/Freepik.com/@Racool_studio

Pilihlah makanan yang berpengaruh terhadap metabolisme tubuh agar tubuh mengeluarkan energi untuk membantu memaksimalkan aktivitas sehari-hari. Hal ini juga dikarenakan metabolisme tubuh akan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa melakukanya dengan mempertimbangkan makanan rendah gula dan tinggi protein, seperti ayam & daging tanpa lemak, telur, dan susu.

  • Tidur yang cukup

Pada dasarnya tidur tidak menurunkan metabolisme tetapi kurang tidur bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mengakibatkan disregulasi hormon sehingga bisa meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Kurang tidur juga bisa menyebabkan orang cepat lapar di sepanjang hari hingga kurang kenyang walaupun kebutuhan sudah cukup. Apalagi kalau sampai menimbulkan keinginan untuk konsumsi makanan manis. Namun kalau tidur kamu cukup maka kemungkinan untuk konsumsi makanan sangatlah sedikit.

  • Minum Teh Hijau

Ilustrasi teh hijau/Freepik.com/jcomp

Biji kopi mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Minumlah teh hijau dengan diseduh secara efektif untuk memberikan kafein seperti epigallocatechin gallate (EGCG), bahan yang dikenal dapat mempercepat metabolisme. Kamu bisa menikmati secangkir teh di pagi hari atau di sore. Walaupun begitu kamu harus memperhatikan asupan yang dikonsumsi karena kalau berlebihan cenderung menambah berat badan dan lemak di sekitar pinggang kamu.

  • Serat

Meningkatkan asupan serat bisa membantu kamu mencukupi metabolisme tubuh karena makanan yang tinggi serat mudah dicerna. Ada dua jenis serat dipasaran yaitu serat larut yang menyerap air  dan serat yang tidak larut di air. Perbedaannya adalah serat yang menyerap air bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sedangkan serat tidak larut membantu kamu mengeluarkan makanan.

Tubuh yang memiliki serat cukup biasanya lebih banyak mengeluarkan kalori sehingga pencernaan bisa diolah dengan baik. Dua jenis serat tersebut memiliki peran yang baik untuk tubuh. Kamu bisa memilih serat tidak larut seperti gandum, kembang kol, apel, sedangkan serat larut seperti beras merah, gandum, artichoke, dan makanan lainnya.

  • Konsumsi Beragam Jenis Makanan

Ilustrasi beragam jenis makanan/Freepik.com/freepik

Selain jenis makanan yang sudah disebutkan di atas protein juga memiliki peran penting dalam menjaga metabolisme apalagi tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna, diserap, dan digunakan dibandingkan lemak. Jadi, jika kamu mengonsumsi makanan dengan sedikit protein namun sedikit lemak maka kamu bisa menggunakan lebih banyak kalori. Sebaliknya, jika makanannya tinggi lemak maka kalori yang dibutuhkan untuk mencerna dan menyerap makanan akan lebih sedikit. Makanan yang tinggi protein tersebut diantaranya ada sayuran, buah-buahan, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline