Lihat ke Halaman Asli

Konten Edukasi: Apa Itu TikTok Edukasi?

Diperbarui: 16 Februari 2022   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi TikTok. Foto:Chesnot/Getty Images

TikTok, zaman sekarang siapa sih yang tidak tahu aplikasi berdurasi 15 detik sampai 60 detik ini. Aplikasi TikTok adalah aplikasi yang paling menonjol dalam perkembangan teknologi dan sangat populer di kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa. 

Pada tahun 2018 kepopuleran media sosial seperti WhatsApp dan Instagram mulai tergeser oleh adanya media sosial tiktok yang telah diluncurkan sejak tahun 2016 oleh developer asal Tiongkok.

Aplikasi asal China yang sudah di unduh sekitar 63,3 juta lebih penggunanya di Goggle Play Store maupun App Store ini kini menjadi trend di kalangan masyarakat dan di berbagai dunia.

Kreativitas pengguna TikTok tidak hanya untuk menghibur tetapi juga memberikan rasa saling terhubung dan saling menyemangati dalam melalui masa pandemi Covid-19 ini. Kolaborasi berbagai pihak menjadikan TikTok tidak hanya menghibur namun juga memberikan rasa saling terhubung  dan menginspirasi banyak orang.

Konten-konten yang di upload ke aplikasi TikTok pun beragam seperti dance, memasak,  make up dan lain-lain. Nah, ternyata tidak hanya konten itu saja yang menarik pengguna TikTok. Salah satunya yang paling populer adalah TikTok Edukasi.

Selama ini banyak yang mengira bahwa TikTok hanya joget-joget saja, namun TikTok juga bisa mengedukasi dan bermanfaat bagi masyakarat.

TikTok Edukasi sendiri merupakan sebuah video singkat yang didalamnya berisikan tentang informasi yang disertai dengan music, voice note dan teks yang mdah digunakan sehingga membuat penggemar TikTok makin tertarik dengan konten TikTok Edukasi tersebut. Selain itu, konten edukasi yang dapat menyalurkan ekpresi kreativitas penggunanya dan melatih motivasi serta mengasah skill editing video dengan hanya menggunakan handphone .

TikTok Edukasi juga mengadakan berbagai kompetisi kompas daring yang mencantumkan hastag #TikTokPintar dan hastag #SamaSamaBelajar.

Tidak hanya itu untuk memperkuat konten TikTok Edukasi diadakannya program belajar lewat aplikasi tersebut untuk meramaikan konten hastag #BelajarBareng. Program ini merupakan kolaborasi TikTok dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang membuat seluruh kegiatan belajar mengajar berpindah ke rana digital.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline