Lihat ke Halaman Asli

Lydia Anggreni

Mahasiswa S1 Matematika Universitas Airlangga

Peluang Usaha pada Sirkuit Mandalika

Diperbarui: 12 Juni 2022   15:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit balap yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Timur. Sirkuit ini dibangun pada tahun 2019 lalu, yang mana dalam pembuatannya langsung ditangani oleh arsitek dari Amerika Serikat. Arsitek tersebut berasal dari perusahaan berpengalaman dalam membangun arena olahraga. 

Kehadiran sirkuit ini tentu saja akan mendatangkan banyak penggemar Moto GP baik itu dari dalam negara ataupun sampai dengan luar negara (2021).

Dikarenakan antusias masyarakat dunia yang tinggi terhadap Moto GP, tentu saja keberadaan Sirkuit Mandalika sebagai arena balap ini dapat dijadikan peluang usaha bagi warga lokal untuk meningkatkan pendapatan daerah mereka dan juga dapat menjadi peluang meningkatkan pendapatan nasional bagi bangsa Indonesia. 

Peluang ini merupakan salah satu peluang besar yang tidak boleh disia-siakan begitu saja, mengingat sirkuit ini dapat dijadikan salah satu media untuk menambah pendapatan di Pulau Lombok.

 Adapun peluang bisnis atau ekonomi yang dapat diterapkan di sekitar Sirkuit Balap Mandalika, yang pertama adalah terkait penginapan atau homestay. Penginapan atau homestay ini dapat dibangun di sekitar Sirkuit Mandalika agar para pendatang dapat menginap di penginapan yang dekat dengan area sirkuit sehingga ketika ingin menghadiri agenda di 

Sirkuit Balap Mandalika atau hanya ingin berwisata saja dapat lebih menghemat waktu dan tenaga para turis dan pengunjung dari luar daerah Lombok. Para penduduk lokal dapat membangun penginapan atau homestay dengan nuansa yang dapat mencerminkan keadaan dan keindahan Pulau Lombok sehingga menjadi daya tarik bagi para pengunjung. 

 Kemudian, peluang bisnis yang kedua adalah dengan menyajikan paket wisata yang dilengkapi dengan jasa tour guide. Paket wisata yang ditawarkan tersebut dapat difokuskan di Sirkuit Mandalika, kemudian dari pihak yang menawarkan paket wisata dapat bekerja sama dengan penduduk lokal. Penduduk lokal dapat menyediakan area atau lokasi terdekat 

agar dapat dikenalkan oleh tour guide kepada turis atau pendatang dari luar daerah Pulau Lombok. Penduduk lokal juga dapat menyediakan dan menawarkan makanan khas serta kerajinan tangan dari Pulau Lombok sehingga makanan khas serta kerajinan tangan dari Pulau Lombok dapat dikenal di kancah internasional.

Selain dari adanya jasa tour guide itu, penduduk lokal juga diharapkan dapat memberikan informasi dan mendampingi turis atau pengunjung dari daerah luar Pulau Lombok. Informasi yang dapat diberikan, yaitu seputar Sirkuit Mandalika, sejarah Pulau Lombok, tempat wisata yang ada di Pulau Lombok, dan masih banyak lagi informasi yang dapat diberikan kepada turis yang dapat menjadi peluang usaha di Pulau Lombok. 

Peluang bisnis bisa datang dari mana saja dan kapan saja, dengan adanya Sirkuit Mandalika ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan pendapatan dan menyejahterakan masyarakat atau penduduk lokal di Pulau Lombok. Oleh karena itu, kita harus bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaik-baiknya sehingga menghasilkan sesuatu yang baik pula.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline