Lihat ke Halaman Asli

Media Informasi dan Komunikasi Menjadi Sarana untuk Berdakwah

Diperbarui: 1 Januari 2023   23:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

storage.nu.or.id

Dakwah merupakan proses mengajak seseorang untuk berbuat apa yang seharusnya dilakukan, dakwah sudah dilakukan sejak zaman Nabi dengan cara sembunyi-sembunyi, namun pada masa kini dakwah bukanlah aktivitas yang sulit dilakukan. Masyarakat Indonesia dengan penduduk yang menganut agama islam terbanyak, menjadikan dakwah merupakan aktivitas lumrah yang sering dilakukan.

Era sekarang berkembang dimana arus teknologi yang berkembang dengan cepat, membuat masyarakat selalu memilih cara yang cepat dan juga praktis. Munculnya media komunikasi dan informasi sekarang disambut baik oleh kalangan masyarakat. Oleh karenanya banyak masyarakat yang memanfaatkan media sebagai lapak pekerjaan.

kompas.com


Salah satunya pendakwah mereka memanfaatkan media informasi sebagai media dalam berdakwahnhya, tingkat keefektivitasan yang tinggi, serta cakupan yang sangat luas menjadikan dakwah dengan media merupakan dakwah yang dinilai efektif, selain itu dakwah dalam platfrom media dapat kemas sekretif dan semenarik mungkin. 

Konten yang disajikan juga bukan hanya untuk kalangan atas namun kebanyakan konten yang ada di media banyak yang menyinggung tentang persoalan masa kini khususnya pada remaja. Contohnya seperti di youtube selain pendakwah dapat terus menyebarkan agama islam, pendakwah juga dapat memperoleh keuntungan dari konten dakwah yang diminati oleh khalayak.


Banyak sekali metode dakwah yang bisa kita lakukan, baik menggunakan media ataupun website,dan platfrom online lainnya. Ini mejadi bukti bahwa teknologi membawa banyak manfaat bagi semua orang, dengan hal ini dakwah bisa dilakukan secara efisiens dan praktis

Adapun tujuan berdakwah wujud dari kebahagiaan yang diridhai oleh Allah SWT, Hal ini karena kegiatan dakwah adalah untuk menyampaikan nilai yang akan mendatangkan kebahagiaan bagi orang-orang yang menyebarkannya, dikarenakan mereka dapat memperkuat agama Allah yang tentu saja dapat menghadirkan pahala dan kebahagiaan. Kemudian berdakwah juga bertujuan untuk mengajak menaati serta mengikuti ajaran islam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline