Lihat ke Halaman Asli

Perumpamaan Tentang Sekolah dan Guru Terhebat

Diperbarui: 20 Agustus 2015   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Aku tidak suka sekolah umum jadi jangan paksa aku untuk memilih sekolah. Aku suka belajar dan terbuka pada ilmu yang baik, Aku bisa berguru dari siapapuntapi aku tidak suka sekolah.

 Jangan pula bertanya padaku,

"Percaya ga di sekolah A ada guru terhebat?"

Aku tak harus menjawab dengan jawaban percaya atau tidak karena seperti yang sudah aku katakan, aku tidak tertarik pada sekolah manapun. Lalu kenapa aku harus peduli dan menjawab pertanyaanmu? Pertanyaanmu menjadi "ga nyambung" untuk kujawab.Tapi kamu bersikeras bertanya, dan pemaksaan ini nampak konyol bagiku.

Aku hanya mencari ilmu. dan itu bisa kupelajari dimanapun.

Kamu memaksaku untuk percaya bahwa disitu ada guru terhebat.Jujur saja kadang ini melelahkan. Kamu harus tahu perbedaan kita. Kamu peduli dengan sekolah dan guru terhebatnya. Sedangkan aku tidak peduli pada sekolah manapun apalagi tentang guru terhebat dan fasilitas lainnya. 

Kamu membenci sekolah lain karena di sekolah lain tidak ada guru terhebat. Aku tidak peduli dengan sekolah2 itu. Yang aku tertarik hanyalah ilmu-ilmu kebaikkan yang diajarkan dan aku melihat semuanya sama. Dan aku tahu aku bisa  mempelajarinya dimanapun.

Kamu bersikeras mengatakan bahwa kamu beruntung kamu dapat anugerah bisa bertemu guru terhebat. Guru terhebat yang hanya ada di sekolahmu. Kamu bilang kamu menghargai sekolah lain tapi dalam hati kamu membencinya, merendahkannya, menganggapnya tak sehebat sekolahmu. Dan kamu sedih karena aku tidak mau peduli apalagi percaya padahal sudah kamu beri tahu. Kamu menyesalkan sikapku.

Kamu bilang aku berkeras hati karena tak mau percaya. Aku juga bisa bilang kamu mengeraskan hatimu untuk memaksaku percaya.

Aku cuma bisa bilang,

Bolehkah aku robohkan sekolah-sekolah itu dan kita bisa belajar bersama-sama bahkan bersama guru2 terhebat dari semua sekolah?

Salam,

Temanmu sesama murid  yang bersekolah di bumi

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline