Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana 5 Menit Kehidupan Kita Tanpa Hasil Tambang?

Diperbarui: 12 November 2016   07:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

liputan6.com

Indonesia memiliki kekayaan sumberdaya alam yang luar biasa. Baik kekayaan sumberdaya Hayati maupun non hayati.  Kekayaan sumber alam non hayati seperti minyak bumi, batu, bara, emas, tembaga, dll memiliki nilai ekonomis dan manfaat yang tinggi seiring dengan kebutuhan industri dan kebutuhan manusia modern.

Eksplorasi sumberdaya alam sudah dilkukan sejak ratusan tahun yang lalu dengan cara menambang, baik secara tradisional maupun secara modern. Hasil-hasil dari produk tambang sudah kita rasakan bahkan dalam hal sederhana. Mari kita coba lakukan tantangan, SANGGUPKAH 5 MENIT SAJA DI KEHIDUPAN KITA, KITA LALUI TANPA HASIL DARI TAMBANG?

Ketika kita bangun tidur pertama kali, apa yang kita lakukan? Melihat jam dinding? Apa komponen dari jam dinding?

garasiopa.com

Coba Kita urai satu persatu bahan dasarnya.

1. Kaca : pembuatan kaca berasal dari pasir kuarsa. Pasir kuarsa merupakan produk TAMBANG

2. Tembaga : 100% bahan tambang

3. Baterai : Kandungan baterai termasuk logam berat merkuri, mangan, timbal, nikel, lithium, dan kadmium 100% merupakan bahan TAMBANG

4. Plastik : Plastik berasal dari bijih plastik yang merupakan Proses reaksi kimia buatan manusia. Pada proses pembentukannya plastik menggunakan mesin Pengolah yang komponen-komponenya merupakan hasil tambang seperti besi, baja, tembaga, dll.

Apa yang kita temukan? Hanya 10 detik saja dalam kehidupan kita, kita hampir pasti menggunakan bahan tambang. Betapa pentingnya tambang untuk kehidupan kita.

1 Menit setelah bangun tidur, apa yang kita lakukan? Minum segelas air putih. Apakah ada hasil dari tambang pada aktivitas ini?

papasemar.com

Mari kita urai lagi.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline