Pengertian pendidikan multikultural
Multikulturalisme secara sederhana dapat dikatakan sebagai pengakuan atas pluralisme budaya, pluralisme budaya bukanlah suatu yang "given" tetapi merupakan suatu proses internalisasi nilai-nilai di dalam suatu komunitas. Pendidikan Multikultural dapat dirumuskan sebagai wujud kesadaran tentang keanekaragaman kultural, hak-hak asasi manusia , serta pengurangan atau penghapusan jenis prsangka atau prejudice untuk suatu kehidupan masyarakat yang adil dan maju.pendidikan multikultural juga dapat dijadikan instrumen strategis untuk mengembangkan kesadaran atas kebanggaan seseorang terhadap bangsanya.
Pendidikan Multikultural(Multicultural education) merupakan respon terhadap perkembangan keragaman populasi sekolah, sebagaimana tuntutan persamaan hak bagi setiap kelompok. Dalam dimensi lain, pendidikan multikultural merupakan pengembang kurikulum dan aktivitas untuk memasuki berbagai pandangan, sejarah, prestasi dan perhatian terhadap orang-orang non eropa(Hilliard,1991-1992).
Istilah pendidikan multikultural dapat digunakan baik pada tingkat deskriptif dan normatif yang menggambarkan isu-isu dan masalah- masalah pendidikan yang berkaitan dengan masyarakat multikultural, termasuk yang berkaitan dengan pengertian tentang pertimbangan terhadap kebijakan-kebijakan dan strategi-strategi pendidikan dalam masyarakat multikultural.
Strategi Pengembangan Pendidikan Multikultural
Implementasinya pelaksanaan pendidikan multikultural dapat dilakukan melalui proses pembelajaran seperti video. Video yang diputar dapat berisi tentang keberagaman budaya di Indonesia,lalu peserta didik diminta untuk mendiskusikannya dalam kelompok kecil. Dalam membentuk kelompok, seharusnya dicampur dengan antara anak pintar, sedang dan kurang , anak laki-laki dan perempuan, anak dari berbagi suku bangsa, agama dan kelas sosial. Setelah itu peserta didik diminta untuk mempresentasikannya di depan kelas.
Dalam metode ini guru berperan sebagai fasilitator metode lain yang dapat dilakukan adalah menugaskan peserta didik untuk menganalisis konflik yang terjadi di sekitar mereka dan meminta mereka untuk mempresentasikannya di depan kelas dan peserta didik lainnya diminta untuk bertanya sehingga terjadi diskusi. Dalam proses bertanya dan menanggapi, ada kejadian-kejadian atau perilaku-perilaku yang tidak kasar dan sombong disinilah peran guru memasukan nilai nilai yang berkaitan dengan multikultural antara lain saling menghargai dan adanya toleransi antar sesama .
Guru merupakan ujung tombak dari pengembangan pendidikan multikultural. Peran guru sangat menentukan dalam keberhasilan mendorong pemahaman lintas budaya pada peserta didik. Apa yang disampaikan guru, cara guru mengajar, dan kepribadian guru sangat mempengaruhi keberhasilan pembelajaran.
Peran pendidikan Multikultural dalam Perekat Budaya Nusantara
1. Meningkatkan pemahaman dan Toleransi