Lihat ke Halaman Asli

Lutvia Ahmad

haii ! saya lutvia nur fadillah, saya mahasiswa semester 7 di UPI Bandung, mengabil jurusan PPKn. Pencapaian yang pernah saya lakukan selain menjadi mahasiswa adalah, saya pernah menjadi volunteer di dua komunitas di Bandung. Selain itu, untuk mengisi kekosongan waktu, saya pernah magang di SMK Taman Harapan dimana merupakan sekolah lama saya menjadi asistensi Guru PPKn kelas 11 disana.

T3-8 Aksi Nyata - Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

Diperbarui: 22 Juni 2024   22:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

lutvia nur fadillah 

mulai dari diri

hal yang saya pikirkan yaitu bagaimana sebagai seorang pendidik harus mengetahui bahwa pentingnya perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam proses pembelajaran. Pendidik haruslah mampu memenuhi kebutuhan belajar peserta didikyang tentunya memiliki keberagaman tiap individunya, baik keberagaman karakteristik, keberagaman sosial, dll.

eksplorasi konsep

saya memperlajari konsep Vygotsky yang menjelaskan bahwa anak-anak akan tumbuh dan menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakatnya yang memiliki beragam latar belakang. Teori pembelajaran sosiokultural telah mengeksplore secara mendalam peran tanda dan simbol dalam mediasi tetapi harus lebih mempertimbangkan cara hubungan interpersonal untuk mediasi kehidupan sekolah peserta didik dan konsekuensi dari hubungan sosial untuk pembelajaran. Secara tidak langsung membahas hubungan sosial dalam penggunaan "ruang ketiga" sebagai cara untuk mengkonseptualisasikan pencapaian interaksi tatap muka antara peserta didik dan guru di ruangan.

ruang kolaborasi

Pada ruang kolaborasi saya mempelajari bahwa faktor sosial budaya mempengaruhi perubahan sosial budaya terhadap pendidikan yaitu terjadinya perubahan pemikiran dalam pendidikan sejalan pada perubahan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar, pendidikan juga mengalami perubahan. Faktor ekonomi mempengaruhi kulaitas dan fasilitas pendidikan disuatu daerah. Faktor politik yakni pemerintah memiliki pengaruh yang besar dalam hal pemerataan pendidikan di Indonesia. Untuk memahami perspektif sosial, ekonomi, budaya dan politik maka guru harus melakukan profilling peserta didik sehingga dapat memberikan strategi yang tepat saat proses pembelajaran.

Demonstrasi Kontekstual

Hal penting yang saya pelajari adalah bahwa setiap daerah memiliki kebudayaan sendiri. Maka kebudayaan itu dapat dijadikan sebuah bahan dalam pendidikan. Diskusi kelompok ini membuat kami semakin paham dan semakin mampu bertukar pikiran tentang materi perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam pembelajaran.

Elaborasi Pemahaman

yang saya pahami dari topik ini adalah berbagai faktor perspektif sosiokultural memiliki tingkat kesulitan tersendiri untuk pengimplementasian dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai pendidik harus mempersiapkan dan menyelesaikan diri dalam menghadapi perubahan dan tantangan yang akan terjadi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline