lutvia nur fadillah
mulai dari diri
hal yang saya pikirkan yaitu bagaimana sebagai seorang pendidik harus mengetahui bahwa pentingnya perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam proses pembelajaran. Pendidik haruslah mampu memenuhi kebutuhan belajar peserta didikyang tentunya memiliki keberagaman tiap individunya, baik keberagaman karakteristik, keberagaman sosial, dll.
eksplorasi konsep
saya memperlajari konsep Vygotsky yang menjelaskan bahwa anak-anak akan tumbuh dan menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakatnya yang memiliki beragam latar belakang. Teori pembelajaran sosiokultural telah mengeksplore secara mendalam peran tanda dan simbol dalam mediasi tetapi harus lebih mempertimbangkan cara hubungan interpersonal untuk mediasi kehidupan sekolah peserta didik dan konsekuensi dari hubungan sosial untuk pembelajaran. Secara tidak langsung membahas hubungan sosial dalam penggunaan "ruang ketiga" sebagai cara untuk mengkonseptualisasikan pencapaian interaksi tatap muka antara peserta didik dan guru di ruangan.
ruang kolaborasi
Pada ruang kolaborasi saya mempelajari bahwa faktor sosial budaya mempengaruhi perubahan sosial budaya terhadap pendidikan yaitu terjadinya perubahan pemikiran dalam pendidikan sejalan pada perubahan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar, pendidikan juga mengalami perubahan. Faktor ekonomi mempengaruhi kulaitas dan fasilitas pendidikan disuatu daerah. Faktor politik yakni pemerintah memiliki pengaruh yang besar dalam hal pemerataan pendidikan di Indonesia. Untuk memahami perspektif sosial, ekonomi, budaya dan politik maka guru harus melakukan profilling peserta didik sehingga dapat memberikan strategi yang tepat saat proses pembelajaran.
Demonstrasi Kontekstual
Hal penting yang saya pelajari adalah bahwa setiap daerah memiliki kebudayaan sendiri. Maka kebudayaan itu dapat dijadikan sebuah bahan dalam pendidikan. Diskusi kelompok ini membuat kami semakin paham dan semakin mampu bertukar pikiran tentang materi perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam pembelajaran.
Elaborasi Pemahaman
yang saya pahami dari topik ini adalah berbagai faktor perspektif sosiokultural memiliki tingkat kesulitan tersendiri untuk pengimplementasian dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai pendidik harus mempersiapkan dan menyelesaikan diri dalam menghadapi perubahan dan tantangan yang akan terjadi.