Lihat ke Halaman Asli

Luthfiyyatin Niswah

Panggil saja luthfi

Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internasional

Diperbarui: 27 April 2022   15:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Media pembelajaran bahasa arab seiring waktu semakin canggih terlebih pada saat pandemi seperti ini dalam belajar bahasa arab membutuhkan media yang paling efektif sehingga para siswa tetap bisa mengembangkan, meningkatkan, dan mengeksplorsi kemampuan berbahasa arabnya meskipun terkendala jarak dan waktu. 

Salah satu media pembelajaran yang akan dijelaskan dalam artikel ini adalah Program Arabic Online yang dibuat oleh Saudi Electronic University (SEU). Proses pembelajaran di dalam media tersebut tersalurkan melalui berbagai fitur yang akan membantu siswa dalam belajar Bahasa Arab. Tidak kalah pentingnya selain memperhatikan media pembelajaran, juga harus mempertimbangkan strategi dalam pembelajaran. 

Di Program Arabic Online, strategi pembelajaran yang dilakukan hampir sama dengan yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga pendidikan yang ada di Indonesia. 

Artinya, langkah-langkah pembelajaran yang terstruktur dalam Program Arabic Online tidak jauh beda dengan yang ada di Indonesia. Hal ini dapat disimpulkan bahwasanya untuk memudahkan siswa dalam belajar bahasa arab, para guru dan yang terlibat pasti akan memikirkan langkah yang sama supaya tercapai tujuannya.

Meskipun program tersebut dibuat dari Luar Indonesia, tapi tidak dapat dipungkiri kelayakan dari media pembelajaran tersebut sampai bisa diakses oleh seluruh siswa dari berbagai negara di seluruh dunia. Karena bisa diakses oleh siapapun, itu artinya langkah-langkah untuk mengikuti program tersebut tidaklah sulit. 

Hanya perlu melengkapi data siswa yang memuat motivasi belajar bahasa arab dan sebagainya, kemudian akan mendapatkan kofirmasi persetujuan yang dikirim ke email masing-masing dari pendaftar. Setelah menyelesaikan pendaftaran siswa diwajibkan untuk mengikuti tes bahasa arab yang terdiri dari 60 soal dengan ketentuan didalamnya meliputi empat maharah. 

Tes tersebut harus dilakukan untuk mengtahui tingkat kemampuan siswa dan untuk mendapatkan usernam aktif yang digunakan login pada program tersebut. Setelah melewati registrasi pendaftaran dan semacamnya, siswa sudah dinyatakan menjadi peserta dalam proses pembelajaran bahasa arab. 

Sama halnya seperti buku pegangan siswa ketika berada di dalam kelas dan melaksanakan pembelajaran bersama dengan gurunya secara langsung, program ini juga memberikan tingkatan-tingkatan yang harus dipelajari agar tercapai tujuan dari pembelajaran tersebut. 

Misalnya, di dalam buku bahasa arab didalamnya mencakup materi-materi yang harus dicapai selama dua semester. Dan di setiap materinya mengandung 4 maharah yang dikemas dengan sebaik dan seindah mungkin. 

Begitu juga dengan program ini, selain menyediakan beberapa materi dalam satu tingkatannya juga menyediakan ujian di setiap tingkatannya bahkan juga terdapat penugasan seperti di platform E-Learning yang selalu kita gunakan di masa pandemi ini.  

Jadi, media ini lumayan berbeda daripada media pembelajaran bahasa arab yang lain karena pertama selain strategi pembelajarannya lengkap dan sesuai juga terverifikasi guru-gurunya. Jangan salah, siswa hanya belajar mandiri sesuai pemahamannya di program ini, tapi juga disediakan sesi belajar secara langsung dengan penutur asli bahasa arab.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline