Lihat ke Halaman Asli

luthfiyatul azimah

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Hemisfer Otak

Diperbarui: 27 Maret 2022   09:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Memahami dua hemisfer serta fungsinya!

Hemisfer adalah dua sisi simetris yang membagi otak. Belahan ini juga dikenal sebagai belahan kiri dan kanan. Belahan kiri memiliki cara kerja yang lebih analitis dan rasional, sedangkan belahan kanan memiliki gaya kognitif yang lebih holistik dan intuitif.

Setiap orang memiliki dua belahan otak yaitu belahan kiri dan kanan. Belahan kanan itu khusus untuk keterampilan spasial dan pola sosialisasi. Sedangkan belahan otak kiri khusus untuk berbicara, menulis dan berpikir. 

Sebanyak elektroda dan transfer otak digunakan untuk mengukur aktivitas belahan kiri dan kanan yang berlanjut Ketika seseorang melakukan pekerjaan yang berbeda. 

Hasil dari penelitian ilmuwan menunjukan bahwa semua pengguna tangan kanan dan Sebagian besar pengguna tangan kiri memproses ucapan di belahan otak kiri. Selain itu, otak kiri lebih aktif jika seseorang memiliki tugas simbolik, logis dan berurutan seperti memecahkan masalah aritmatika dan mengetahui materi teknis.

Meskipun belahan kanan memiliki kemampuan yang lebih dalam untuk memecahkan masalah yang memeperlukan tampilan visuospasial, seperti kemampuan untuk memetakan, mengenali dan membaca ekspresi wajah, dan meniru pola pakaian. 

Belahan kanan aktif Ketika seseorang terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan kreaktivitas dan seni atau musik. Belahan kanan mengontrol pengenalan suara non-verbal seperti lolongan binatang. 

Belahan kanan juga berfungsi mengucapkan kata kata secara tepat dan cepat sehingga individu dapat berbicara dengan baik, demikian pula belahan kanan juga memproses emosiyang membuat kita merasa sedih, senang dan takut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline