Lihat ke Halaman Asli

Luthfiyah Hasanah

Mahasiswa STIS Darul Falah Bondowoso

Feature, Sesuatu yang Menarik dimulai Sejak Menulis

Diperbarui: 1 Juli 2024   17:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penutupan PKL Zona 7: Dokumen Pribadi 

FEATURE: SESUATU YANG MENARIK DIMULAI SEJAK MENULIS! 

Sabtu, (29 /06/ 2024) mewakili kampus, mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Syari'ah Darul Falah Bondowoso mengikuti Pelatihan Kader Literasi (PKL) Zona Tapal Kuda yang diadakan oleh Pimpinan Wilayah Lembaga Ta'lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (PW LTN NU) Jawa Timur di pondok pesantren Nurussalam, Tamanan, Bondowoso.

Pelatihan literasi ini diikuti oleh kurang lebih 50 orang peserta yang diantaranya merupakan perwakilan dari PC LTN NU Bondowoso, PC LTN NU Situbondo, PC LTN NU Lumajang, PC LTN NU Jember, beberapa Perguruan Tinggi di Bondowoso, Situbondo, Jember, dan Banyuwangi. Para peserta yang mengikuti pelatihan literasi merupakan mahasiswa yang aktif di BEM/organisasi lain yang berada dalam naungan Nahdlatul Ulama.

Pelatihan literasi dibuka pukul 09.00 dilanjutkan dengan beberapa materi yang telah ditentukan sebelumnya oleh panitia. Disini peserta belajar mengenai metode penelitian dan studi tokoh, best practice penulisan antologi Tokoh NU, teknik penulisan features dan Tokoh NU. Pada akhir waktu kemudian para peserta juga mempraktekkan ilmu yang mereka dapat sejak pelatihan dengan menulis biografi dari salah seorang Tokoh atau orang yang cukup berpengaruh dalam NU dilingkungannya masing-masing.

"LC (Literacy Center) fokus untuk memaksimalkan literasi di berbagai daerah, karena meskipun apa yang kita lakukan secara lokal, hal itu diharapkan mampu mendunia". Menurut Dr. Nailatin Fauziyah, M.Si., M.Psi., Psi pada saat mengisi materi tentang Metode Penelitian dan Studi Tokoh.

Selain mendapatkan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat, para pseserta juga mendapatkan e-sertifikat setelah mengikuti seluruh rangkaian acara Pelatihan Kader Literasi (PKL). Demikian karya dari peserta nantinya akan diterbitkan menjadi buku setelah seluruh koordinator grup dari berbagai wilayah mengumpulkan hasil RTL (Rencana Tindak Lanjut) dalam batas akhir tanggal 29 Juli 2024 pukul 23:59.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline