Lihat ke Halaman Asli

Nonton Sambil Belajar, Mengenal Posisi dan Nama Pemain Bola Voli Melalui Serial Anime Haikyuu

Diperbarui: 5 Juli 2022   06:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://pin.it/2xk1B1A

Anime merupakan sebutan animasi dari jepang. Terdapat berbagai genre disetiap serial. Seperti romance, adventure, comedi, shounen, shoujo, sport, drama, fantasi, school live dan ada banyak lagi.
 Sudah tidak asing di telinga para penonton animasi jepang tentang serial satu ini, haikyuu. Haikyuu adalah salah satu anime bergenre sport atau olahraga yang bercerita tentang pertandingan voli. Karakter utama haikyuu bernama Shoyo Hinata, seorang remaja berpontesial dalam voli namun diremehkan karena perawakannya yang kecil.
Banyak penggemar yang menantikan kapan musim kelima akan dirilis. Musim kelima dari anime haikyuu menceritakan final perjuangan tim karasuno yang bertanding di tingkat nasional. Setiap tim terdiri 6 pemain di lapangan dan tedapat posisi penting di dalamnya.

Lalu apa saja nama pemain dan posisinya dalam voli ?

  1. Server
        Server adalah pemain pertama yang memulai jalannya pertandingan/relly. Server dilakukan semua pemain kecuali libero. Biasanya servis dilakukan secara bergantian sesuai rotasi penguasaan bola setiap tim memperoleh angka. Ada tiga jenis servis yaitu, servis atas, servis bawah dan jump servis. Salah satu karakter yang memainkan server di karasuno adalah Tadashi Yamaguchi.
  2. Setter/Tosser/Set-Upper
       Setter adalah pemain yang bertugas memberikan umpan kepada spiker. Seorang setter berperan penting dalam melancarkan sebuah serangan dan mengatur jalannya permainan. Tim karasuno memiliki 2 setter, yaitu Kageyama Tobio, dan Sugawara Koshi.
  3. Spiker/Smasher
    Dimainkan tokoh utama yaitu Hinata, spiker bertujuan memasukkan bola kedalam lapangan lawan dengan cara melakukan pukulan atau smash bola yang di umpan oleh setter. Dalam posisi ini terdapat empat sebutan, yaitu ; ace spiker, wing spiker, opposite hitter, dan outside hitter.
    1. Ace Spiker
      Ace spiker adalah sebutan untuk seorang pemain yang spikenya susah dibendung oleh tim lawan. Ace disebut juga sebagai pembawa kemenangan bagi tim. Serangan yang dilakukan ace berupa bola-bola open atau pembuka tinggi di atas net seperti yang dilakukan ace karasuno yaitu Asahi Azumane.
    2. Wing Spiker
      Tugas seorang wing spiker adalah menjadi pendukung dari ace spike. Wing spiker juga bertugas membuat berbagai macam serangan bervariasi sehingga dapat mengecoh blok lawan. Selain itu, seorang wing spiker juga dapat membantu libero dalam menjadi receive. Posisi wing spiker berada di sayap kanan atau kiri. Tim karasuno yang menempati posisi ini adalah Daichi Sawamura, Asahi Azumane, Ryunosuke Tanaka, Shoyo Hinata.
    3. Opposite Hintter
      Yang dimaksud dengan opposite hintter adalah pemain yang dominan menyerang di bagian kanan net yang arah serangannya berlawanan dengan tangan dominan.
    4. Outside Hitter
      Posisi ini berfokus pada pertahanan di begian lini belakang lapangan seperti  back attack. Seorang outside hintter berperan besar menerima servis dan mengoper bola ke setter.
  4. Libero/Defender
    Libero merupakan pemain pertahanan yang bertugas menerima serangan dari lawan agar bola tidak jatuh ke lantai. Posisi ini dimainkan oleh Yu Nishinoya.  Libero juga bertugas mengatasi bola tak terduga dari spike lawan dan mengumpannya ke pemain lain. Seragam yang digunakan libero berbeda dibandingkan rekan setimnya mengakibatkan posisi libero terlihat menonjol.
  5. Blocker
    Biasanya posisi blocker dimainkan oleh mereka yang memiliki postur tubuh tinggi dan respon yang bagus. Block menjadi salah satu teknik dasar dalam bola voli selain spike. Salah satu blocker karasuno yang menonjol adalah Kei Tsukisima. Sepeti namanya blocker bertugas menghalau serangan lawan dengan kedua tangan. Selain bertugas sebagai blocker posisi ini juga bermain dalam spiker.
  6. Middle Blocker
    Middle blocker adalah posisi dimana pemain dapat bermain dengan cepat. Biasanya posisi ini terjadi didekat setter. Posisi ini juga berperan sebagai tembok bagi tim dimana dapat melihat pola serangan lawan dan mematikannya dengan block. Shoyo Hinata, dan Kei Tsukisima adalah pamain karasuno yang memerankani posisi ini. Terdapat dua jenis blok yaitu; kill block dan soft block
    1. Kill Blok
      Kill block bertujuan agar bola lawan tidak memasuki wilayah pemain. Selain itu kill blok bertujuan mendapatkan poin dengan membendung serangan lawan.
    2. Soft Block
      Block ini bertujuan untuk memperlambat laju bola. Bisa dibilang block ini digunakan untuk menyambungkan relly dari touch block team dan serangan

Itu tadi posisi dan nama pemain dalam bola voli. Seperti setter, spiker, libero, bloker, middle blocker, dan server. Cerita yang dihadirkan haikyuu bisa menjadi salah satu alternatif belajar yang menyenangkan. Seperti peribahasa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Semoga informasi ini bermanfaat, sampai jumpa lagi..........




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline