Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Fireplanning dan Rute Evakuasi Bencana oleh Mahasiswa KKN UNDIP

Diperbarui: 14 Agustus 2022   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Semarang,(27/07/2022). Bangunan fasilitas pendidikan merupakan bangunan dengan tingkat resiko IV atau risiko tertinggi menurut Kategori Risiko Bangunan Gedung dan Struktur SNI sehingga perlu adanya Tindakan manajemen risiko bencana dengan cara pembuatan denah rute evakuasi yang mencakup prosedur apabaila terjadi bencana dan pemilihan jalur evakuasi yang tepat. Pemilihan jalur evakuasi yang salah bisa menyebabkan korban jiwa berjatuhan karena waktu evakuasi yang lama sehingga memungkinkan terjadinya aksi saling dorong, bertabrakan dan mungkin juga mereka bisa jatuh lalu terinjak-injak saat mencoba menyelamatkan diri.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pembuatan denah evakuasi bencana. Perencanaan denah evakuasi bencana dan sosialisasi Fireplan memiliki peran vital khususnya untuk bangunan yang memiliki jumlah pengguna bangunan yang tinggi dan tingkat kerentanan korban terhadap bencana yang tinngi. Perencanaan meliputi dua aspek penting yaitu rute evakuasi dan titik kumpul. Rute evakuasi harus mempertimbangkan rute tercepat untuk mencapai titik kumpul dan harus mencegah kerumunan. sedangkan , titik kumpul haruslah memiliki daerah lapang yang terletak di luar zona bahaya bencana.

dokpri

Pada perencanaan kali ini mahasiswa KKN Undip Tim II datang ke lingkungan SDN Padangsari 02 untuk melakukan Survei lokasi dan penggambaran sketsa awal denah SDN Padangsari 02. proses penggambaran dilanjut dengan menggunakan software AutoCAD untuk menggambar denah lebih detail dan untuk membuat arah evakuasi dan titik kumpul apabila terjadi bencana.

Sosialisasi Fireplan yang meliputi penyebab kebakaran dan prosedur yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran, juga dilakukan pada SDN Padangsari yang dihadiri oleh 30 siswa kelas 5 SD. Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan untuk memitigasi korban jiwa.

dokpri

Penulis: Luthfie Irfani Raza -- Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
DPL: Rachma Purwanti, S.KM., M.Gizi.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline