Lihat ke Halaman Asli

LuthfiDwiAveril

orang yang ingin perubahan

KKN Tematik Covid-19 2021 Dilakukan Mahasiswa UPI di Tengah Pandemi

Diperbarui: 16 Maret 2021   17:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik Pencegahan dan Penanggulangan COVID-19 secara daring. Kegiatan ini digelar pada tanggal 04 Februari 2021 hingga 15 Maret 2021.

Program unggulan dalam KKN Tematik PPD Covid-19 UPI 2021 yaitu di bidang pendidikan berkaitan dengan pendampingan siswa dalam pembelajaran daring, mensosialisasikan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 kepada peserta didik, pendampingan orang tua dalam membimbing anak ketika pembelajaran daring, dan penguatan terhadap pendidik atau guru dalam melangsungkan pembelajaran daring.

Luthfi Dwi Averil mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) UPI merupakan salah satu peserta atau mahasiswa yang mengikuti program KKN Tematik PPD Covid-19 UPI 2021 dimana melakukan program ini yang bermitra dengan SMPN 1 Telagasari yang terletak di Kecamatan Telagasari Kabupaten Karawang. Dalam kesempatan kali ini program KKN Tematik PPD Covid-19 UPI 2021 disambut baik oleh para guru di SMPN 1 Telagasari. sasaran program KKN pada bidang pendidikan ini yaitu pak Dede, S.Pd selaku guru pada mata pelajaran MTK dan Pak H. Azis ,S.Pd. selaku guru BP. Sedangkan sasaran siswa dan orang tua diambil dari siswa dan orang tua kelas 7 SMPN 1 Telagasari.

Program KKN di bidang pendidikan ini berbasis daring melalui media sosial Whatsapp dan GCR . Adapun bentuk program yang dilakukan berupa penguatan materi-materi yang ada di kelas VII berupa materi garis lurus dan sudut ,dan berupa saran pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dan membatu guru BP untuk adminitrasi sekolah ,Program pendampingan siswa berupa pembahasan tugas tugas melalui grup whatsapp, sedangkan untuk program pendampingan orang tua berupa gambar atau poster edukasi dan informasi penting mengenai cara pendampingan belajar daring bagi anak saat belajar di rumah, panduan bijak memuji anak, bergembira bersama anak di rumah, dan cara menjaga stabilitas mental anak selama pandemi.

selain program tersebut terdapat program lainnya untuk masyarakat sekitar yaitu memberikan langkah langkah pembuatan hand sanitizer, pembuatan video edukasi covid-19 yang dibagikan di sosial media, penyaluran hand sanitizer dan juga masker kepada ketua RT sebagai mitra dalam program KKN Tematik PPD Covid-19 ini.

Luthfi Dwi Averil

1806597

Teknik Elektro, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

E-mail: luthfidwiaveril@upi.edu




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline