Lihat ke Halaman Asli

Luthfi Dianto

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

UMKM Kopi hingga Siswa PAUD dan Sekolah Dasar Ramaikan Kegiatan KKN UPI di Desa Tenjolaya, Ciwidey, Bandung

Diperbarui: 10 Agustus 2022   00:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan KKN Tematik di Desa Tenjolaya, Ciwidey dengan tema Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata yang dilaksanakan selama satu bulan.

Kegiatan KKN berfokus terhadap pendampingan UMKM Kopi Katenjo, yaitu UMKM yang memasarkan biji dan bubuk kopi siap seduh. Mengusung tema Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata mahasiswa juga ingin menanamkan pola pikir sosial finansial pada anak-anak di lingkungan Kampung Bebera.

Dirintis tahun 2016, UMKM Kopi Katenjo yang didirikan oleh Pak Dedi Sahyana berhasil memasarkan 1-3 kuintal tiap bulannya. Pak Dedi selaku pemilik Kopi Katenjo sering kali mempromosikan produknya melalui pameran kopi di berbagai daerah di Pulau Jawa sehingga memiliki konteksi yang luas. Mahasiswa KKN UPI dikenalkan dengan berbagai jenis kopi, seperti semi wash, full wash, honey, wine, dan natural. 

Namun, semenjak Pandemi COVID-19 seperti UMKM lainnya Kopi Katenjo juga terkena dampak negatif. Pemasaran konvensional tidak dapat dilaksanakan yang menyebabkan berkurangnya penjualan. Pameran kopi pun hiatus selama Pandemi COVID-19 cukup memengaruhi penjualan Kopi Katenjo.

Melihat situasi Kopi Katenjo saat ini, mahasiswa UPI memaparkan solusi untuk penggunaan Instagram sebagai media branding. Pendampingan Pak Dedi sebagai owner Kopi Katenjo untuk optimisasi akun serta proses content creation secara menyeluruh. Dari mulai website untuk menemukan elemen design dan aplikasi dan/atau design konten itu sendiri melalui aplikasi Canva.

Selain itu, mahasiswa KKN UPI membantu redesign logo serta label kemasan produk Kopi Katenjo sehingga terlihat lebih menarik dan modern. Namun, Pak Dedi selaku pemilik Kopi Ketenjo memutuskan untuk menunda perubahan logo dikarenakan merk dan logo sedang dalam proses pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

dokpri

Mahasiswa KKN UPI juga membantu dalam menambah asset bagi Kopi Katenjo dalam melakukan pemasaran online dengan kualitas yang profesional sebagai konten akun Instagram @kopi_katenjo.

 Selain itu, mahasiswa KKN berkontribusi terhadap penanaman mindset sosial finansial sejak usia dini kepada siswa PAUD dan SD di Kampung Bebera, Tenjolaya.

 Mahasiswa KKN UPI mengedukasi siswa PAUD Mathlaul Anwar mengenai pentingnya menabung sebagai bentuk penanaman pola pikir sosial finansial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline