Lihat ke Halaman Asli

Luthfia Salim

Mahasiswi

Belajar Digital Marketing Melalui Program MBKM Bersama NF Computer

Diperbarui: 17 Desember 2022   17:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) melalui salah satu programnya mencetuskan adanya program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Kampus merdeka ini adalah kebijakan menteri pendidikan dan kebudayaan yakni bapak Nadiem Makarim melalui program Kampus merdeka memiliki tujuan untuk mendorong mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia pekerjaan. Melalui kampus merdeka ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari dan memilih mata kuliah yang akan diambil.

Hal ini didukung dan diikuti oleh beberapa instansi atau perguruan tinggi yang ada di indonesia sebagai program merdeka belajar untuk  menggali dan mengembangkan potensinya secara luas dan terbuka melalui kegiatan dan pembelajaran inovatif menggunakan teknologi informasi dan kemajuan teknologi lainnya. Sehingga melalui kampus merdeka ini dilakukannya konversi mata kuliah dalam mata kuliah yang dikontrak di perguruan tinggi.

Kampus merdeka ini mempunyai beberapa program yaitu kampus mengajar, magang, studi independent, pertukaran mahasiswa merdeka, wirausaha merdeka, bangkit, dan program lainnya. salah satunya yang penulis ikuti merupakan kegiatan kampus merdeka program Studi Independent ini adalah salah satu bagian dari program kampus merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas diluar kelas perkuliahan, program ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin memperlengkapi dirinya dengan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang dicari juga oleh dunia usaha dunia industri. 

Pada tanggal 18 Agustus 2022, saya berkesempatan mengikuti kegiatan studi tematik pada perusahaan NF computer di bidang akademi  digital marketing. NF Computer ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri teknologi. Aktivitas ini meliputi pembelajaran individu dan project akhir dalam bentuk tim. Pada pembelajaran individu, setiap peserta akan mengikuti kelas dalam bentuk online meeting. Peserta dapat berkonsultasi dengan expert terkait materi yang dipelajarinya. Selain itu, setiap peserta akan memiliki pembimbing proyek dan dapat berkonsultasi jika peserta menemui kesulitan non-akademik dalam mengikuti pembelajaran maupun ketika mengerjakan proyek. 

dokpri

Cakupan pembelajaran yang dilakukan adalah Customer Relationship Management, Web Design For Digital Marketing, Pengembangan produk, Kewirausahaan, Canvas model bisnis dan rencana bisnis, Konten marketing dan keyword research, Search Engine Marketing or advertising, Email marketing, Social media marketing, Strategi Digital marketing, Multimedia untuk Digital marketing,  Search Engine Optimization dan web analitik, e-commerce dan marketplace, public relation dan publikasi online, grafic design untuk Digital marketing dan lain sebagainya. Pembelajaran dilakukan secara daring selama dari tanggal 18 agustus 2022 sampai dengan 31 desember 2022. Kegiatan pembelajaran ini masih berlangsung, banyak hal yang dipelajari dalam digital marketing ini dimulai dengan pemahaman awal atau dasar hingga ilmu praktikal yang dapat digunakan sebagai soft skill akademik digital marketing. 

dokpri

Pertemuan minggu ke -17 pada tanggal , kami melakukan final project sebagai implementasi bentuk hasil penerapan kegiatan pembelajaran kami selama 16 minggu bersama NF Computer. Final project ini terdiri dari beberapa grup. Kelompok saya membuat final project dengan tema Pemasaran produk hijab segiempat dan pashmina flovys hijab. 

Untuk menyelesaikan kegiatan final project ini kami melakukan pembagian penugasan, pembagian final project ini disesuaikan dengan kegiatan yang pernah dilakukan dan dipelajari, kami memuat 5 media pemasaran digital yaitu pemanfaatan website sebagai media digital marketing, pemanfaatan konten SEO untuk branding produk, pemanfaatan akun media sosial instagram sebagai promosi dan branding produk, pemanfaatan akun media sosial facebook sebagai branding produk, dan pemanfaatan marketplace sebagai branding dan penjualan produk. Salah satunya media yang dikelola oleh saya sendiri yaitu pemanfaatan akun marketplace.

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline