Lihat ke Halaman Asli

Luthfiana AlfiQurnia

IR STUDENT - BISNIS

Dasar-dasar Hubungan Internasional Menurut Abu Zahroh

Diperbarui: 31 Oktober 2019   20:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Meletakkan kembali dasar hubungan internasional dalam kemuliaan manusia. Bukti dari al-karomah al-insaniyah bahwasannya Allah telah memberkahi manusia sebuah " ilmu ". Annasu jamian umat wahidah, yang mempunyai makna seluruh manusia seseungguhnya adalah satu kesatuan, maka akan membentuk sauatu kesatuan.

At-taawun al-insani, saling tolong menolong sesama manusia " sesungguhnya tolong menolong adalah pondasi bagi sesama manusia menurut islam. Adanya toleransi, islam mengajak kita untuk saling toleransi bukan untuk saling mencaci, pada dasrnya adalah hubungan antar manusia, bukan dalam keburukan.

Kemuliaan manusia, seperti yang telah di tuliskan dalam al-qur'an bahwa yang membedakan hanyalah ketaqwaan manusia, karna telah diberi nilai lebih atau melebihkan manusia, dengan bekal berupa ilmu dan membuat sesuatu. Keadilan, adil yang meliputi lima maqosid syari'ah menjaga jiwa atau diri manusia, agama, nasib, akal, harta, segala hubungan antar manusia dilandasi rasa adil.

Interaksi yang saling seimbang, yang merupakan bagian dari keadilan yang todak dapat dipisahkan dan sesungguhnya ada perbedaan yang diperbolehkan dalam keadaan kondisi tertentu : semisal dalam keadaan perang dengan musuh menahan tahanan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline