Lihat ke Halaman Asli

Membaca dan Permainan yang Bisa Menarik Anak untuk Belajar

Diperbarui: 31 Maret 2016   04:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Usia balita adalah usia bermain, sehingga belajar pun juga harus dalam bentuk permainan. Bahkan, tidak hanya permainan pada umumnyakarena kegiatan sehari-hari pun bisa di pakai sebagai arena belajar membaca bagi si kecil, misalnya belanja ke super market. Permainan seperti apakah yang cocok bagi si kecil yang sudah bisa berjalan dan berbicara?

Seorang anak akan belajar lebih dengan semangat bila ia merasa senang. Oleh karena itu orang tua hendaknya selalu mencari cara yang kreatif untuk mengajari si kecil dan dalam suasana yang membuat si kecil merasa senang. Salah satu di antaranya adalah melalui permainan. Berikut ini adalah beberapa contoh permainan yang merupakan sarana belajar membaca bagi si kecil. Ada beberapa jenis permainan untuk si kecil yang sudah bisa berjalan dan berbicara (usia 2-5 tahun). Permainan tersebut sebagai ajang untuk belajar membaca. Di antaranya adalah sebagai berikut :

1.      Mencari Kata

Permainan yang mudah untuk membantu mengajari si kecil membaca adalah “mencari kata”. Bahan/materi yang di butuhkan adalah buku cerita anak-anak dan krayon berwarna. Pertama, carilah kalimat dalam buku cerita tersebut  yang mudah  di fotokopi ke kertas ukuran A4.

Pastikan hurufnya besar-besar, sehingga mudah di baca oleh anak. Kemudian berikan krayon berwarna pada si kecil. Mintalah ia mencari kata yang sudah ia kenali, misalnya tidur, makan, dan sebagainya. Setelah ia menemukan kata tersebut, mintalah ia melingkari dengan krayon berwarna merah dan bersama sama hitunglah berapa kali kata tersebut munculdalam kalimat di kertas. Kemudian ulangilah dengan kata yang berbeda. Permainan ini sangat mudah dan akan banyak membantusi kecil dalam belajar membaca.

2.      Puzzle Kata-kata

Puzzle adalah permainan yang tidak asing bagi si kecil. Permainan ini membantu mengajari si kecil belajar membaca. Bahan atau materi yang di butuhkan adalah kertas manila putih berukuran A4 sebanyak 4-5 lembar, pena atau spidol, dan gunting.

Sebelum bermain, tuliskan kata-kata yang sudah di kenal si kecil, seperti mama, papa, makan, tidur, dan lain-lain. Satu kata untuk setiap lembar ketas manila.

Guntinglah kertas manila berisi kata kata tersebut dengan tidak beraturan, sehingga membentuk sebuah puzzle. Acaklah kertas manila yang sudah di gunting dan mintalah si kecil untuk menyusunnya kembali. Setelah ia berhasil, mintalah ia untuk membaca kata yang ada dalam kertas manila.

Pemainan tidak hanya efektif untuk membantu si kecil belajar membaca, tetapi juga meningkatkan kemampuan belajar dan kognitif mereka.

3.      Papan pesan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline