Lihat ke Halaman Asli

KKN UNSIKA 2021

Mahasiswa Akhir Semester

KKN Camperunik UNSIKA Berhasil Membuat Media Pembelajaran TK/PAUD dengan Memanfaatkan Kearifan Lokal di Karawang

Diperbarui: 3 Desember 2021   10:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelaksanaan Webinar KKN CAMPERUNIK UNSIKA 2021 di Desa Pasir Jengkol, Karawang (Dok. pribadi)

KARAWANG, 30 Oktober 2021 - Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.  Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasanya dilaksanakan mahasiswa secara langsung kini harus digelar secara online atau daring, hal ini disebabkan karena imbas pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

Hal tersebut tidak mematahkan semangat mahasiswa semester 7 Universitas Singaperbangsa Karawang dalam menjalani kegiatan KKN. Terdapat banyak ulasan cerita menarik dibalik kegiatan yang berjalan. Masing-masing kelompok KKN beroperasi dan bekerjasama mewujudkan program untuk membantu masyarakat.

Salah satu kisah dalam kegiatan KKN yang cukup menarik untuk diulas ialah program tim KKN Campeurnik. Tim yang memiliki program di Desa Majalaya ini bekerjasama menciptakan beberapa media pembelajaran dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Karawang.

Rafi Singgih Sudiro, selaku ketua pelaksana KKN Camperunik Unsika mengatakan bahwa, "Pada KKN daring seperti ini mahasiswa sangat kesulitan dalam membuat program kerja, karena beberapa kegiatan memang dibatasi, output program kerja yang kami buat saat daring seperti ini yaitu menghasilkan media pembelajaran kreatif dan inovatif berbentuk video, yang dikhususkan untuk jenjang TK dan PAUD selain itu kami juga membuat program webinar." ujarnya.

Kegiatan Webinar dengan tema "Pengembangan Media Pembelajaran Kreatif dan Inovatif untuk Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Lokal Wisdom Karawang" itu digelar secara daring di Desa Pasir Jengkol, Kec. Majalaya, Kabupaten Karawang. Pelaksanaan webinar ini menghadirkan narasumber yang luar biasa, yaitu Ibu Ine Nirmala, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan, beserta Ibu Novia Utami Rahma, S.Pd selaku perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Budaya Karawang. Kegiatan tersebut berhasil dilaksanakan pada minggu (30/10) pukul 08.30 WIB hingga selesai. Acara tersebut dihadiri lebih dari 100 peserta dan berjalan dengan lancar.

Tak hanya itu, KKN Camperunik 2021 mempunyai rencana program kerja lainnya yaitu, penyuluhan media pembelajaran kreatif dan inovatif kepada beberapa TK dan PAUD yang berada ada di Desa Pasir Jengkol, Kec. Majalaya Karawang. Penyuluhan tersebut dilaksanakan secara daring bersama guru-guru TK dan PAUD pada kamis (18/11), pukul 13.00 WIB.

Media pembelajaran yang telah dihasilkan dengan memanfaatkan kearifan lokal, diharapkan dapat menemani anak usia dini dalam proses belajar yang menyenangkan. Adapun media pembelajaran yang dihasilkan dengan menggunakan bahan-bahan dari kearifan lokal di Karawang, yaitu:

  • Media Tutut Pintar
  • Media Match Snails Colour Fun
  • Media Tutung (Tutut Berhitung)
  • Media Jerami Flashcard
  • Media Jerami Pinboard
  • Media Jam Puzzle Jerami

Segala kegiatan selama proses pembuatan media pembelajaran dapat disaksikan pada channel YouTube: KKN CAMPERUNIK UNSIKA 2021.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline