Lihat ke Halaman Asli

Negeri yang Paling sedikit Jam Kerjanya

Diperbarui: 25 Juni 2015   05:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembaca sekalian, sebuah fakta mengatakan bahwa orang Belanda adalah orang yang tidak suka berlama-lama bekerja. Believe or not, hasil survei pada bulan maret 2012 menunjukkan jam kerja di Belanda termasuk yang paling sedikit di antara negara uni eropa lainnya.Rata-rata jam kerja orang di negara uni eropa adalah 37,5 jam per minggu, bandingkan dengan orang Belanda yang hanya menghabiskan jam kerjanya selama 30,6 jam per minggu.Itu berarti hampir sama dengan satu hari penuh per minggu saja untuk bekerja

"What are we to do with all this free time?"

Sebagai perbandingan lagi, jam kerja orang amerika utara adalah 44-52 jam per minggu, sementara jam kerjaguru di Amerika adalah 53 jam. Jika kita kalkulasi, selisih jam kerja antara jam kerja orang amerika utara dengan orang belanda akan menghasilkan angka yang sangat mengejutkan. Yap, pembaca sekalian pasti sudah menghitung dan jawabnnya kurang lebih 697 jam atau setara 87 hari tanpa bekerja.

Lalu bagaimana mereka menghabiskan waktu kosongnya yang sangat berlimpah. Menurut sumber yang saya baca, mereka memanfaatkan waktu luangnya untuk aktivitas ringan yang dapat menenangkan pikiran dan hati. Di saat senggang, meereka suka bersepeda, nongkrong di kafe mendiskusikan isu panas di negaranya, pergi berlibur selama 25 hari per tahunnya dan mereka suka bertamasya di taman tulip yang mereka punya. Pembaca sekalian pasti sudah berkesimpulan kalau orang Belanda adalah orang paling “malas”, namun sebuah survei mengatakan sebaliknya, ternyata orang Belanda merupakan orang yang paling produktifdalam bekerjadiantara orang di negara uni eropa lainya. Mereka mampu memaksimalkanwaktu bekerja yang sedikit dengan sangat baik. Bahkan, dengan jam kerja yang tak banyak itu, mereka mampu menciptakan mobil terbang, bendungan modern, pulau buatan,stadion modern, kincir angin yang mampu menghasilkan energi, lampu (philips) dan masih banyak lagi lainnya.

Perlu pembaca sekalian ketahui, kalau perempuan di belanda menempati rangking teratas untuk kategori perempuan yang paling bahagia di dunia. Prinsip mereka adalah working less is simply better atau bekerja sedikit itu lebih baik. Namun dengan waktu bekerja yang sedikit itupun mereka masih bisa berkarya dan berinovasi. Mungkin itulah mengapa orang belanda sering membuat banyak agenda di buku atau di kalender iphone, sebagai pengingat jadwal di waktu luangnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline