Lihat ke Halaman Asli

lutfi sheykal

Mahasiswa Semester Muda

Ondel-ondel Kini

Diperbarui: 1 April 2022   16:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengamen Ondel-ondel sedang meminta uang kepada masyarakat. Foto: Lutfi Sheykal

"Nyok.. Kite Nonton Ondel-ondel" sudah tidak asing ketika kita mendengarkan lagu atau seruan tersebut. Pasti yang terbayangkan ialah boneka besar, berwarna merah dan putih pada topeng yang digunakan. Ondel-ondel merupakan sebuah budaya asli dari Jakarta, yang dahulu sebuah boneka dipercaya untuk mengusir roh-roh jahat.

Ondel-ondel dari zaman ke zaman sudah terjadi perubahan kegunaan, dari mengusir roh-roh jahat, pengiring nikah adat Betawi, pajangan di depan gedung-gedung ke pemerintahan yang ada di Jakarta, serta menjadi alat untuk mencari pundi-pundi rupiah. Tak khayal Ondel-ondel kini mempunyai bentuk mini, bentuk mini ini ditujukan untuk para penerus usia dini, agar bisa memainkan atau memperagakan gerakan Ondel-ondel. Serta membuat para penerus ini agar mengenal dan tidak melupakan budaya adat mereka (Betawi).

Ondel-ondel mini yang sedang dipajang di salah satu pembuatan Ondel-ondel di Setu Babakan. Foto: Lutfi Sheykal

Ondel-ondel terbuat dari sebuah bambu yang di anyam, di bentuk bulat untuk bagian badan ondel-ondel dan di satukan oleh kawat-kawat yang kuat. Di buat berongga di dalamnya agar bisa untuk di gerakan oleh penggerak di dalamnya (manusia).

Peragaan seorang anak laki-laki saat di dalam Ondel-ondel. Foto: Lutfi Sheykal

Ondel-ondel biasa kita temui di jalanan Ibu Kota, tak khayal mereka juga meminta sumbangan untuk kehidupan sehari-hari mereka. Banyak sisi positif dan negatif tentunya. Namun, kita sebagai penerus adat sebaiknya menilai dengan sisi positif, itulah merupakan bentuk pelestarian budaya, bukan penghinaan ataupun melecehkan dari budaya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline