Lihat ke Halaman Asli

Belajar dari Pengalaman Jauh Lebih Baik, "Why"?

Diperbarui: 15 Oktober 2017   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi : akuseekorkuman.blogspot.co.id

Belajar adalah suatu perubahan tingkah laku yang terjadi akibat dari stimulus yang diberikan kepada seseorang dengan menggunakan latihan sebagai penguatan. Atau belajar juga bisa diartikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat dari pengalaman hidup seseorang.

Seseorang bisa dikatakan belajar ketika mereka bisa mengetahui bagaimana cara untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang ia hadapi. Belajar tidak hanya terpacu kepada pensil dan buku, namun belajar bisa juga muncul dari pengalaman pribadi.

Sejatinya, belajar merupakan sebuah proses, dimana seseorang dapat merubah pola pikir dan tingkah lakunya agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pengalaman dapat membimbing seseorang menuju ke jalan yang benar.

Maksudnya....

Pengalaman di masa lalu yang di rasa kelam, menakutkan, bahkan terjadi kesalahan sehingga mengakibatkan seseorang mengalami kegagalan di masa lalu, itu adalah awal dari seseorang meraih keberhasilan di masa yang akan datang.

Mengapa??

Dengan adanya pengalaman buruk di masa lalu, seseorang akan memperbaiki dan menginstropeksi dirinya supaya tidak terulang lagi kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Pengalaman sebagai dasar untuk mengatasi pemasalahan yang terjadi di kehidupan berikutnya.

Pepatah mengatakan, "Pengalaman adalah guru terbaik".

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa pengalaman dapat merubah seseorang menjadi lebih baik. Dengan adanya pengalaman, seseorang akan mencoba sesuatu yang baru agar mereka memperoleh kemajuan dan keberhasilan dalam hidup di masa mendatang.

Pengalaman dapat menuntun seseorang untuk belajar berfikir dan bertanggung jawab atas apa yang telah dilakukan. Pengalaman juga merupakan proses pendewasaan diri seseorang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline