Lihat ke Halaman Asli

Lutfi Maulana

Mahasiswa

Training Center Keolahragaan dan Kesehatan Jasmani pada Siswa SD

Diperbarui: 6 Agustus 2023   22:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Kegiatan Training Center keolahragaan dan kesehatan Siswa Sekolah Dasar 

Kab. Jepara -- KKN UNNES GIAT 5 yang ditempatkan di Desa Tengguli memiliki beberapa program, diantaranya program wajib, program rutin, dan program tambahan yang dilaksanakan selama periode KKN mulai tanggal 20 Juni -- 15 Agustus 2023. Salah satu dari beberapa program tambahan adalah Training Center Keolahragaan dan Kesehatan Jasmani pada Siswa SD. Training center keolahragaan dan kesehatan jasmani pada siswa SD memiliki tujuan untuk mengetahui sejak dini bakat siswa pada bidang olahraga dan memberikan edukasi siswa cara menjaga kebersihan jasmani dan lingkungannya.

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bertujuan untuk menyehatkan tubuh serta meningkatkan keterampilan dan kemampuan fisik karena di dalamnya memuat aturan yang harus ditaati dalam melakukan suatu permainan olahraga. Menurut Tap MPR RI No. II/MPR 1998 tentang Kebijakan Haluan Negara, berisi pendidikan jasmani dan olahraga perlu ditingkatkan manusia Indonesia yang ditujukan pada peningkatan jasmani dan rohani seluruh masyarakat serta pengembangan prestasi olahraga yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional sehingga perlu ditingkatkan upaya pembibitan olahragawan dan sebagainya". Maka dari itu, dari jenjang SD, perlu dilakukan pembibitan maupun training center terhadap bakat-bakat siswa khususnya dalam bidang olahraga.

Rafli Hermawan selaku Trainer program Kesehatan Jasmani dan Olahraga mengatakan, "tujuan dari mengadakan training center ini agar anak-anak di SD lebih mengetahui teknik dasar dalam olahraga terus mengetahui bakat anak dalam bidang olahraga dan lebih mengetahui cara menjaga lingkungan dan jasmaninya karena anak anak di SD rentan terhadap cidera dan berbagai gangguan kesehatan di harapkan juga anak lebih bisa mengembangkan bakatnya sejak dini salam bidang olahraga dengan tetap menjaga kebersihan jasmani dan lingkunganya.

Training center keolahragaan dan kesehatan jasmani dilaksanakan selama dua minggu mulai dari tanggal 17 -- 30 Juli 2023 dengan kegiatan pada pukul 07.00 s/d 08.00 WIB adalah training center keolahragaan dan dilanjutkan memberikan edukasi kesehatan jasmani pada pukul 08.00 s/d 08.30 WIB. Program ini diikuti oleh 20 siswa SD dengan fokus kegiatan mengetahui bakat-bakat siswa dalam bidang keolahragaan dengan treatment pengenalan beberapa cabang olahraga dan edukasi kesehatan jasmani dengan mengajari siswa untuk menjaga dan merawat kesehatan jasmani. 

Di adakanya kegiatan tersebut di harapkan bahwa program tambahan ini dapat menjadi tambahan ilmun yang bermanfaat bagi anak Sekolah Dasar untuk mengetahui sejak dini bakat siswa pada bidang olahraga sehingga anak dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam bidang olahraga dengan harapan dapat menjadi calon atlet-atlet muda yang profesional di massa mendatang dan siswa mempunyai pengetahuan dalam menjaga kebersihan jasmani dan lingkungannya, jadi selaih bakat keolahragaan yang tentunya menguras tenagga dan keringat dalam penerapannya anak dapat menerapkan pola yang sehat setelah atau sebelum melakukan olahraga. Maka dari itu Kami juga berharap agar siswa dapat mengimplementasikan pengetahuan yang telah diberikan dalam kehidupan sehari-hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline