RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Pengertian Psikologi Pendidikan
Secara harfiah atau etimologis, psikologi pendidikan berasal dari kata "psyche" yang berarti jiwa dan "logos" yang berarti ilmu. Psikologi pendidikan sebagai bagian integral dari disiplin ilmu psikologi berupaya menggunakan konsep atau pronsip-prinsip psikologis dalam memecahkan masalah dalam dunia pendidikan.
Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Ruang lingkup psikologi pendidikan menurut Soerjabrata berada dalam peninjauan secara statis, kajian psikologi tentang siswa dalam dunia pendidikan mencakup tentang gejala jiwa dan tingkah laku umum. Sedangakan dalam peninjauan dinamis, psikologi mencakup kajian psikologi tentang individu siswa dalam proses pendidikan, yakni perubahan tingkah laku.
Tujuan mempelajari Psikologi Pendiidkan
Dengan adanya psikologi pendidikan diharapkan Peserta didik memperoleh keterampilan tertentu seperti keterampilan dalam berkomunikasi, meningkatkan proses pembelajaran yang lebih berkualitas, berkembangnya kognitif, afektif dan skill sebagai hasil dari proses pendidikan.
Kompetensi Guru
Menurut UU No. 14 Tahun 2005, Guru merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendiidk, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Sedangkan kompetensi diartikan sebagai seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dikuasai oleh guru dan dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.