Lihat ke Halaman Asli

Guru Profesional

Diperbarui: 18 Desember 2015   11:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Guru. Siapa guru itu? Guru adalah orang dewasa yang mendidik dan membimbing seorang anak dari apa yang kita tidak tahu menjadi tahu, beliau adalah seorang motivator yang selalu membangun rasa semangat kepada anak didiknya. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Siapa yang disebut guru itu? yang kita sebut guru itu bukan hanya orang yang selalu mengajar dikelas ketika kita belajar. Namun Orang tua juga bisa kita sebut guru, guru prifat kita. karena orang tua lah yang pertama kali memdidik kita, memperhatikan dan menyayangi kita sejak kita lahir ke alam dunia. Guru sekolah kita pun sama seperti orang tua kita sendiri, mereka ikhlas menyalurkan ilmu dan pengetahuannya kepada kita walau kita bukan darah dagingnya.

Namun menjadi seorang guru memang harus menganggap anak didiknya sebagai anak kandungnya sendiri, karena dengan begitu seorang guru dapat memberikan kasih sayang, perhatian, dan keikhlasan dalam mendidik mereka agar anak merasa nyaman ketika belajar bersama kita. Bahkan fakta membuktikan bahwa terkadang anak lebih takut kepada gurunya daripada orang tuanya sendiri, dengan begitu mudah bagi seorang guru untuk merubah karakter peserta didik tersebut. Maka dari itu pemerintah myenyelenggarakan sertifikasi guru untuk mencapai keprofesionalan guru, yang bertujuan untuk membangun pendidikan yang berkualitas.

Dengan adanya sertifikasi guru, seorang guru tidak akan diragukan lagi dari segi pembelajarannya, guru yang sudah mendapatkan sertifikat adalah seorang guru yang telah dipercaya oleh pemerintah dalam kegiatan mengajarnya dan terjamin kualitasnya, dan guru yang mendapatkan sertifikat akan terlindungi dari pendidikan yang tidak profesional. Dan saat itu sangat dibutuhkan sekali guru yang berprofesional.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline