Lihat ke Halaman Asli

Lutfia Nadhif

Universitas Sebelas Maret

Refleksi Topik 5: Pendekatan, Strategi, Metode dan Teknik Pembelajaran yang diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD

Diperbarui: 27 Maret 2023   14:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebelum memulai proses pembelajaran, saya berfikir bahwa topik ini akan membahas mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran disekolah dalam perseptif sosio, ekonomi, budaya , dan politik


Saya mempelajari hal-hal dari Ekpolari Konsep yaitu:
(1). saya mendapatkan pengetahuan mengenai isu-isu penyelengaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah yang berkaitan dengan perspektif sosial, budaya, ekomomi, dan politik yang dapat mempengaruhi pembelajaran.
(2). Pengunaan pendekatan, strategi, metode dan teknik pengajaran yang disesuaikan dengan sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang menjadi isu pendidikan didaerah tersebut.
(3). Seorang pendidik bukan hanya menjadi memahamkan peserta didik tentang teks dan terminology dekontekstualisasi, tetapi harus terlibat dalam proses yang lebih menarik dan bermanfaat.
Yang saya pelajari lebih lanjut bersama rekan-rekan yaitu berdiskusi tentang pandangan masing anggota kelompok mengenai isu penyelengaraan pendidikan yang mempengaruhi proses pembelajaran, pandangan anggota kelompok tentangkesiapan mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelengaraan pendidikan, Tentang persamaan dan perbedaan tentang isu-isu penyelngaraan pendidkan yang dapat mempengaruhi proses pendidikan, dan persamaan dan perbedaan tentang kesiapan mengajar dengan memperhatikan isu-isu penyelengaraan pendidikan. Dari diskusi tersebut terjadinya saling bertukar pendapat dan yang dapat saya pelajari yaitu pengetahuan yang baru.

Selanjutnya, yang saya pelajari dari ruang demostrasi kontektual yaitu diskusi yang semakin luas yaitu penyampaian pendapat antar kelompok sehinga menambah pengetahuan saya. Dalam demostrasi kontekstual hal lain yang saya pelajari yaitu pemahaman proses pembelajaran dan kesiapan pembelajaran yang lebih mendalam tentang isu-isu penyelenggara pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam prespektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang dapat mempengaruhi pendidikan di Indonesia.
Hal baru yang saya pahami yaitu (1) pemahaman tentang isu-isu penyelenggaraan ppendidikan dan pembelajaran di sekolah yang berkaitan dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran. (2) Langkah-langkah menyikapi tantangan yang terdapat pada isu-isu penyelenggaraan pendidikan. (3) Rancangan pemikiran untuk mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan yaitu penggunaan pendekatan, strategi, metode, dan teknik pengajaran yang disesuaikan sengan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik.

Selanjutnya, yang saya pelajari dari koneksi antar materi yaitu keterkaitan dengan mata kuliah lain. Materi ini terkoneksi dengan mata kuliah pemahaman tentang peserta didik dapat dilihat koneksinya yaitu seorang pendidik karus menyiapkan rancangan pembelajaran berdasarkan capaian level, latar belakang dan karakteristik peserta didik. Keterkaitan tesebut hanya menuju 1 tujuan yaitu mencerdasakan kehidupan bangsa dengan memperhatikan isu-isu penyelenggaraan dan pengajaran di sekolah.

Manfaat mempelajari materi ini yaitu sebagai gambaran pendekatan, strategi, metode, atau teknik pengajaran yang dapat diterapkan untuk mengatasi isu-isu penyelengaraan pendidikan dan pengajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Kesiapan nilai sya yaitu 7.9 karena saya masih perlu belajar dengan maksimal. Hal yang akan saya persiapkan lebih lanjut untuk menerapkan dengan optimal yaitu memahami isu-isu penyelenggaraan dan pengajaran didalam proses pembelajara. Setelah memahami isu-isu tersebut harus mampu memilih pendekatan, startegi, metode, dan teknik ppengajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline