Lihat ke Halaman Asli

Berbagi Masker di Tengah Pandemi

Diperbarui: 7 Juni 2021   21:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Covid-19 atau corona adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona dan menimbulkan gejala utama berupa gangguan pernapasan. Penyakit ini menjadi sorotan karena kemunculannya di akhir tahun 2019 pertama kali di Wuhan, China. Gejala Coronavirus bervariasi, mulai dari flu biasa hingga gangguan pernapasan berat menyerupai pneumonia. Gejala Corona yang umum dialami mereka yang mengalami infeksi coronavirus adalah demam tinggi disertai menggigil, batuk kering, pilek, hidung berair dan bersin-bersin, nyeri tenggorokan, sesak napas.

Pencegahan penularan virus corona adalah dengan mencuci tangan dengan rutin, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan memakai masker. Salah satu pencegahan yang paling mudah dan dangat penting adalah memakai masker. Penularan COVID-19 umumnya melalui droplet/cairan tubuh yang keluar dari hidung/ mulut seseorang yang telah terinfeksi, pada saat batuk ataupun bersin dimana droplet tersebut terhirup atau menempel pada suatu benda /permukaan atau tangan. 

Maka dari itu, Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan COVID-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di pasar, stasiun, transportasi umum (misalnya bus) dan tempat-tempat umum lainnya. Masker dapat menghalau percikan air liur yang keluar saat berbicara, menghela napas, ataupun batuk dan bersin sehingga dapat mengurangi penyebaran virus tersebut. Mengenakan masker tidak hanya melindungi pemakainya dan orang di sekitarnya dari ancaman Covid-19, tetapi masyarakat secara luas. Artinya, penyebaran virus ini dapat dikendalikan ketika semua orang benar-benar konsisten untuk memakai masker saat sedang berpergian.

Kampanye penggunaan masker penutup hidung dan mulut gencar dilaksanakan. Pemerintah sangat menganjurkan pemakaian masker pada kegiatan sehari hari, bahkan pemerintah mengeluarkan sanksi bagi orang yang tidak memakai masker. Tetapi pada kenyataannya masih banyak orang yang lalai dan tidak memakai masker. Padahal masker sangat penting untuk menekan laju penularan covid-19. Oleh karena itu kami Mahasiswa UM mengadakan kegiatan sosial berbagi masker bagi orang orang yang tidak memakai masker sebagai bentuk peduli dalam pencegahan covid-19 di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Mei 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di daerah Sulfat, kota Malang. Banyak kami temukan masyarakat yang tidak memakai masker. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat lebih peduli terhadap sesama dengan memakai masker.

Dengan adanya kegiatan sosial ini diharapkan masyarakat lebih sadar akan pentingnya memakai masker ditengah pandemi. Karena menggunakan masker tidak hanya menyelamatkan diri sendiri tapi menyelamatkan banyak orang, serta dengan memakai masker dapat menekan angka penularan covid-19 di Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline