Lihat ke Halaman Asli

Study Tour ke Jogja

Diperbarui: 2 April 2023   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Candi Prambanan (sumber:Lusy Rahmawati atau saya sendiri)

Perkenalkan nama saya Lusy Rahmawati saya mahasiswa di universitas Nahdlatul ulama Surabaya. Saya berasal dari kota Gresik Jawa timur.

Kali ini saya mau bercerita tentang pengalaman liburan bersama teman sekolah ditahun lalu, tepatnya bulan Januari 2022.

Jadi, awalnya disekolah mengadakan kegiatan study tour, ada beberapa pilihan yang akan kami kunjungi, tapi kami mengunjungi ke suatu kota yang menurut kami seru untuk dikulik tentang sejarahnya. Sampai pada akhirnya kami menjatuhkan pilihan kami dikota Jogja. Ya Jogja yang menyimpan sejuta keindahan alam, sejarah kota, kuliner yang beragam, dan destinasi wisata yang menjadi ciri khas kota tersebut. Kami berlibur selama 1 hari dikarenakan setelah ada kegiatan tersebut kami ada ujian jadi tidak bisa lama-lama disana.

Aku dan semuanya berangkat sekitar jam 19.00 wib dan tiba di Jogja pukul 04.00 wib. Istirahat sebentar terus membersihkan diri, sholat shubuh dan makan pagi, pukul 07.00 kami melanjutkan perjalanan, pertama yang kami kunjungi adalah candi Prambanan. Candi Prambanan ini luas banget. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar dan termegah yang pernah dibangun di Jawa kuno, candi Prambanan ini buka mulai pukul 06.30 - 17.00 wib.

Pada hari itu cuaca lagi terik-teriknya, matahari lagi diatas kepala banget. Kita masuk ke candi Prambanan tidak lupa untuk foto-foto, kalau sudah disitu rasanya tiap sudut bisa dijadikan spot foto. Akhirnya kita kelilingi semua bagian dari candi tersebut. Karena pada saat itu kami datangnya pada waktu weekend. Jadi tidak sedikit juga orang-orang yang sama seperti kita mengambil momen untuk dijadikan sebuah kenangan, selain itu kita juga meneliti semua yang ada di candi Prambanan, karena ada tugas dari sekolah untuk membuat laporan setelah pulang dari tour, kami juga mewawancarai beberapa turis atau orang-orang yang berkunjung ke candi Prambanan.

Candi Prambanan (sumber : Lusy Rahmawati)

Oke cukup untuk tujuan pertama dikarenakan kita sudah lama disana. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju tujuan kedua yaitu ke toko coklat letaknya tidak jauh dari candi Prambanan disana kami dilayani oleh pelayan-pelayan yang cantik dan ramah kami juga ditunjukkan cara membuat coklat dan disuruh mencicipi coklat yang sudah disediakan rasanya sangat enak dan ada beberapa varian rasa coklat. Dikarenakan masih ada beberapa tujuan lagi dan itupun waktunya sudah mepet jadi kita tidak bisa lama-lama disana.

Kami kembali melanjutkan perjalan lagi ke tujuan yang ketiga yaitu ke tempat pembuatan miniatur, aku lupa namanya hehehe tapi yang pasti itu tempat membuat miniatur disana kita diajari cara membuat Bros perak dan lain-lain. Kami tidak lama disana sekitar 1 - 2 jam.

Kita lanjut lagi ke tujuan yang ke-empat yaitu ke taman pintar. Taman pintar jogja bisa menjadi sarana wisata dan belajar untuk para pelajar gaess. Karena di taman pintar ini ada berbagai info menarik yang dijamin dapat menambah wawasan. Taman pintar ini banyak mempelajari tentang sains bisa mendukung dan memotivasi kita agar lebih mencintai sains.

Pertama kami membeli tiket yang diwakilkan oleh guru biar lebih tertib, kemudian tiket diberikan kepada petugas. Pertama kami masuk ke museum memorabilia. Disini kita bisa mengenang kembali tentang zaman dahulu. Yaitu, zaman kemerdekaan dan perjuangan melawan penjajah. Kami memasukinya, seperti halnya museum lain, museum memorabilia ini diisi dengan informasi tentang pahlawan yang berjasa dalam bidang pendidikan, tentang sejarah keraton Jogja dan lain-lain. Setelah masuk ke museum memorabilia, kami masuk ke museum oval. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline