Lihat ke Halaman Asli

Universitas Negeri dan Swasta Sama Saja

Diperbarui: 6 September 2015   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bagi kebanyakan masyarakat sekarang mereka lebih memilih Universitas Negeri daripada Universitas Swasta. Mengapa? Pertama dikarenakan biaya Universitas Negeri lebih relatif terjangkau oleh masyarakat dibandingkan dengan  Universitas Swasta yang jauh dari jangkauan masyarakat. Padahal jika dihitung-hitung biaya yang diperlukan akan sama saja antara Universitas Negeri maupun Swasta contohnya buku yang mungkin harganya akan sam anatara Negeri ataupun Swasta.

Kedua, karena banyaknya rumor yang beredar tentang perbedaan antara Universitas Negeri dan Swasta yang sangat mencolok sehingga masyarakat yang tidak tahu apa-apa mulai mengambil kesimpulan sendiri yang mengatakan bahwa Universitas Negeri jauh lebih baik dibandingkan Universitas Swasta. Padahal mengenal lebih dalam pun belum pernah.

Mereka juga berpikir bahwa kualitas dan akreditasi yang dimiliki oleh Universitas Negeri adalah yang terbaik dibandingkan Swasta. Padahal jika kita berpikir dengan bijak dan dewasa naik Universitas Negeri ataupun Swasta mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing dan itu semua kembali lagi pada kita yang mejalaninya. Banyak pula mahasiswa/I yang sudah masuk ke Universitas Negeri tidak mengalami hal-hal yang banyak dijanjikan seperti rumor yang beredar sebaliknya pun begitu.

Maka menurut saya, intinya kita harus tetap berpikir positif dimanapun kita menuntut ilmu baik di Universitas Negeri maupun Swasta. Maka kita pun akan diberi kemudahan dalam hal apa saja yang berkaitang dengan pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline